ANALISIS KINERJA SISTEM LINUX UBUNTU

.
.
TUGAS
ANALISIS KINERJA SISTEM

ANALISIS KINERJA SISTEM LINUX UBUNTU VERSUS LINUX PUPPY






SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
“AMIKOM” YOGYAKARTA
2010

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasihNya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah kami terima, serta petunjukNya sehingga memberikan kemampuan dan kemudahan bagi kami dalam penyusunan makalah ini. Didalam makalah ini kami selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa kami sajikan dengan topik Analisis Kinerja Sistem Linux Ubuntu Versus Linux Puppy”. Dimana didalam topik tersebut ada beberapa hal yang bias kita pelajari khususnya pengetahuan tentang bagaimana cara menganalisis kinerja system ubuntu dengan puppy serta beberapa komponen dasar pendukungnya.

Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami tentang perancangan output sistem, menjadikan keterbatasan kami pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini, kiranya mohon dimaklumi apabila masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan makalah ini.

Harapan kami, semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang bagaimana merancang sebuah output sistem dalam kehidupan kita.

Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Ir. Hennry P, MM, M.Kom selaku Dosen Analis Kinerja Sistem, atas bimbingan dan dukungannya, serta untuk temanteman atas kerjasamanya.

Yogyakarta , 19 Mei 2010

Tim Penyusun


Deskripsi tugas

Analisis adalah satu kegiatan yang membagi “obyek yang diteliti kedalam komponen-komponennya, untuk diidentifikasi dan dievaluasi terhadap permasalahan-permasalahan, kelemahan-kelemahan maupun kebutuhan-kebutuhan untuk dicarikan alternatif solusi yang baik
Kinerja adalah merupakan fasilitas-fasilitas yang dapat tersedia untuk dimanfaatkan yang meliputi bahasa pemrograman, utiliti yang digunakan untuk mendesain dan pengembangan program, utiliti pemrosesan, feature untuk memperbaiki kegagalan dan sebagainya.
FitzGerald dan Warren D. Stallings, Jr. sistem adalah : suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu susunan sasaran yang tertentu (Jogiyanto, 2001).
Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang berinteraksi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan
Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan dari deskripsi dari ANALISIS KINERJA SISTEM LINUX UBUNTU VERSUS LINUX PUPPY yaitu pembahasan tentang penguraian kinerja ubuntu dan puppy atas berbagai bagiannya dan penelaahan  serta hubungan antar bagian untuk memperoleh aspek kinerja suatu system operasi. Dan apa saja perbadingan dari kedua system operasi diatas yaitu ubuntu dan puppy (kelebihan dan kelemahan dari system operasi)




Dasar Teori

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, , dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan-kekasihnya [DEB]ra dan namanya sendiri [IAN] Murdoch.
Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Softlanding Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) dari nol (Dalam hal ini, Patrick Volkerding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai "Slackware").
Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x di tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai ditahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996.
Ditahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum.
Di akhir tahun 2000, proyek debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis. Serta di tahun yang sama para pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan "debconf".
Di April 8, 2007, Debian GNU/Linux 4.0 dirilis dengan nama kode "Etch". Rilis versi terbaru Debian, 2009, diberi nama kode "Lenny".deb adalah perpanjangan dari paket perangkat lunak Debian format dan nama yang paling sering digunakan untuk paket-paket binari seperti itu. Seperti "Deb" istilah bagian dari Debian, itu berasal dari nama Debra, kemudian pacar dan sekarang mantan istri pendiri Debian Ian Murdock.
Paket debian juga digunakan dalam distribusi berbasis pada Debian, seperti Ubuntu dan lain-lain.
Paket debian adalah standar Unix pada arsip yang mencakup dua gzip, tar bzipped atau lzmaed arsip: salah satu yang memegang kendali informasi dan lain yang berisi data.
Program kanonik untuk menangani paket-paket tersebut adalah dpkg, paling sering melalui apt / aptitude. deb paket dapat dikonversi ke paket lain dan sebaliknya menggunakan asing.
Beberapa paket Debian inti tersedia sebagai udebs ( "mikro deb"), dan biasanya hanya digunakan untuk bootstrap instalasi Linux Debian. Meskipun file tersebut menggunakan ekstensi nama file udeb, mereka mematuhi spesifikasi struktur yang sama seperti biasa deb. Namun, tidak seperti rekan-rekan mereka deb, hanya berisi paket-paket udeb fungsional penting file. Secara khusus, file dokumentasi biasanya dihilangkan. udeb paket tidak dapat diinstal pada sistem Debian standar.

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.
Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan  arurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:
§  USB flash drive/keydrive atau USB storage device lainnya yang bootable(flash-Puppy)
§  CD-ROM (live-Puppy), dengan enam pilihan.
§  Zip drive atau LS-120/240 SuperDisk (zippy-Puppy)
§  Internal hard drive (hard-Puppy)
§  Computer network (thin-Puppy)
§  Emulator (emulated-puppy)
§  Floppy boot disk yang akan memanggil sistem operasi selebihnya dari USB drive, CD-ROM, atau internal hard drive

Kondisi existing
Kondisi existing yang ada di system operasi ubuntu dan puppy hampir sama, karena kedua – dua nya merupakan sistem operasi komputer bertipe Unix. Dan kedua – dua merupakan jenis linux. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Kondisi existingnya antara lain adalah :
  1. system operasi
system operasi linux merupakan “Perangkat Lunak Bebas” (Free Software) itu terkait kebebasan penggunaan, bukan harga. Perangkat Lunak Bebas berhubungan dengan kebebasan pengguna untuk menjalankan (run), menyalin (copy), mengedarkan (distribute), mempelajari (study), mengubah (change), serta mempercanggih (improve) perangkat lunak. Lebih tepatnya, hal ini merujuk pada empat jenis kebebasan, untuk para pengguna perangkat lunak:
·         Kebebasan untuk menjalankan program, untuk keperluan apa pun (kebebasan 0).
·         Kebebasan untuk mempelajari cara kerja program, serta mengadaptasikannya sesuai dengan keperluan (kebebasan 1). Prasyarat kebebasan ini ialah akses terhadap kode sumber (source code) program.
·         Kebebasan untuk mengedarkan perangkat lunak, sehingga dapat membantu semua pihak yang membutuhkan (kebebasan 2).
·         Kebebasan untuk memodifikasi program, serta mengedarkan hasil modifikasi tersebut kepada masyarakat, sehingga bermanfaat bagi semua (kebebasan 3). Prasyarat kebebasan ini ialah akses terhadap kode sumber program.

b.      ubuntu
Salah satu sistem operasi Linux yang paling populer mungkin adalah Ubuntu. Tidak kalah dengan rilisnya WIndows 7, kemarin Ubuntu 10.04 LTS (Long-term support) edisi desktop baru saja di rilis. Versi LTS ini dengan dukungan (support) selama 3 tahun kedepan. Versi ini Ubuntu memperkaya diri dengan berbagai fitur, seperti kecepatan booting, integrasi social network dan lainnya. Mulai 29 April 2010, Ubuntu 10.04 LTS sudah bisa kita unduh dari website Ubuntu. Berikut beberapa fitur atau hal baru di Ubuntu 10.04 : Boot Speed, saat ini ubuntu booting lebih cepat di hampir semua komputer termasuk netbook. Integrasi social network, dengan menu barunya ‘Me Menu’. Seperti Facebook, Digg, Twitter dan Identi.ca. Juga disertakan Google talk, MSN, IRC dan lainnya. Ubuntu One, meningkatkan integrasi desktop untuk layanan online, file dan folder dapat di share dan di simpan di “cloud” dengan lebih mudah. Ubuntu One Music Store Ubuntu Software Center 2.0, cara mudah untuk menemukan software baru. Serta berbagai menu berkaitan dengan software lainnya. Ubuntu 10.4 Netbook Edition (UNE), sangat tepat untuk di install di netbook dengan peningkatan kecepatan di media SSD. Ubuntu 10.04 LTS desktop edition dan Netbook Edition tersedia gratis di website http://www.ubuntu.com. Pengguna juga dapat mengupgrade dari versi sebelumnya 8.04 atau 9.10.
c.     Puppy
Linux adalah sistem operasi bebas, dan Puppy Linux adalah membangun Linux khusus dimaksudkan untuk membuat komputasi mudah dan cepat.
Puppy 1 tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda:
Menu, Mozilla, Gaim, Gxine pada Puppy Linux 1.05
·         Edisi standard menggunakan AbiWord sebagai word processor berukuran 68 MB; live-CD ISO file dengan Mozilla Firefox berukuran 52.4 MB; dengan Mozilla suite lengkap berukuran 55.3 MB; dengan Opera berukuran 49.6 MB.
·         Edisi "Chubby Puppy" berukuran 96.1 MB menyertakan OpenOffice.org.
·         Edisi "BareBones Puppy" berukuran 39.9 MB tanpa GUI,
·         dan edisi "zdrv" standard berukuran 83 MB, dengan kernel drivers dan firmware tambahan.
·         Puppy-multisession berukuran 55.7 MB, dapat menyimpan file ke dalam Live CD (multisession), sehingga pemakai dapat membawa data, dan yang terpenting, menambah program dan menyimpan pengaturan khusus, dalam CD yang sama.
Puppy 1 series dapat berjalan lancar pada komputer lama, seperti komputer Pentium dengan RAM minimal 32 MB. Untuk komputer lebih baru, lebih baik menggunakan versi USB keydrive. Jika BIOS komputer tersebut tidak mengenali booting lewat USB, Puppy floppy boot disk dapat digunakan sebagai langkah awal. Cara lain, jika BIOS tidak mengenali booting lewat USB, boot dapat dilakukan lewat CD, lalu data pemakai disimpan dalam USB keydrive saat sistem dimatikan (shutdown) dan dibaca kembali dari USB device saat bootup. Puppy Linux dapat juga berjalan dalam komputer yang menggunakan Windows 9x/Windows Me.
Puppy 2 merupakan perbaikan dari versi 1 dalam hal struktur penyimpanan file. Dalam versi 1 (Puppy 1 Series) semua file sistem operasi, driver, maupun pengaturan pemakaian dijadikan satu file, sedangkan dalam Puppy versi 2 dipisah-pisah. Puppy versi 2, contohnya Puppy 2.14 (86.5 MB), menggunakan Mozilla SeaMonkey sebagai Internet suite (gabungan web browser dan e-mail client), JWM Window Manager, Abiword, Gnumerics, dll.
Puppy 3 dibuat kompatibel dengan Slackware 12.[2] Artinya instalasi paket-paket Slackware dapat dengan mudah dilakukan sebab hampir semua program-program dasarnya sudah ter-instal. Namun, ini bukan berarti Puppy Linux sekarang adalah distribusi berbasis Slackware.[3]
Puppy 4 di-compile langsung dari source dengan T2 (Open System Development Environment project) [2] untuk memperkecil ukuran dan menambah fungsionalitas dibanding versi 3. Aplikasi berbasis GTK+ 1.x dan Tcl/Tk juga diganti dengan yang berbasis GTK+ 2[3] sehingga tampilan GUInya lebih indah dan konsisten dengan GUI sistem operasinya[4]. Puppy 4.1 semula direncanakan sebagi karya terakhir Barry Kauler dan selanjutnya pengembangan Puppy akan diserahkan pada beberapa developer terpercaya, namun ternyata Barry kembali di 4.3.[5]
Selain itu, pada tiap versi, ada Puppy Unleashed yang terdiri lebih dari 500 paket program yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna untuk membuat live CD khusus dengan memakai "remaster tool".

Faktor – factor yang mempengaruhi dari ubuntu dan puppy
1. Hardware                            : jika hardware lebi baik maka kecepatan pada proses akan lebih cepat
2. konsep yang disediakan      : jika konsep yang disediakan adalah konsep idealis maka proses akan lebih berat atau semakin lama karena banyak file yang dijalankan.
3.  ukuran file system              : karena berpengaruh pada dan keamanan dan kenyamanan, kalo file system berukuran kecil maka system operasi akan mudah dibawa, seperti yang dimiliki puppy dapat diinstal pada flasdiks, karena hanya membutuhkan space kurang dari 128 Mb.


PROSES PENGEMBANGAN ATAU PERBANDINGAN
Struktur Sistem operatsi Ubuntu n Puppy
Variabel
Ubuntu
Puppy
Basis Distro
Debian
Slackware
Model kode sumber
Free and open source software
Open source
Dukungan bahasa
>55 (tiap negara bias mengembangkan bahasa)
>55 (tiap negara bias mengembangkan bahasa)
Manager paket
DPKG
Debian package management system. 
PPM (puppy package manager)
Tipe kernel
monolitic
Monolithic
File sistem yang didukung
ext2 , ext3 , ext4 , ReiserFS , FAT ,ISO 9.660 , UDF , NFS 
ext2 , ext3 , ReiserFS , FAT ,ISO 9.660 , UDF , NFS 
Antamuka pengguna:
GNOME, KDE ,XFCE, Fluxbox dan Enlightenment 
GNOME, KDE, Xfce, Fluxbox dan Enlightenment 
Kecepatan
booting
<15 detik="" o:p="">
Ubuntu menggunakan system grub 2
+ 60 detik
Karena puppy mengekstrak file system ke memori Ram sehingga membuat jalannya booting semakin lama
Besar ukuran file system
> 4 Gb
Karena semua file tidak dikompres seperti puppy
<128 mb="" o:p="">
256 menggunakan open office
Karena file sistemnya dikompres sehingga file system menjadi kecil
Standart file sistem
Ext 4
Ext 3
konsep
Idealis/perfesionis
Mengutamakan keindahan sehingga menjadi user friedly
Minimalis
Karena hanya mementngka ukuran file systemnya jadi tidak user friendly
Fitur aplikasi
Standart chatting
Penambahan fitur jaringan social network

 


HASIL PEMBAHASAN

 

A.    Kesimpulan

    • system operasi linux merupakan “Perangkat Lunak Bebas” (Free Software) itu terkait kebebasan penggunaan, bukan harga. Perangkat Lunak Bebas berhubungan dengan kebebasan pengguna untuk menjalankan (run), menyalin (copy), mengedarkan (distribute), mempelajari (study), mengubah (change), serta mempercanggih (improve) perangkat lunak.
    • Dengan konsep yang ada dalam Linux Puppy file system operasi dapat ditekan / diperkecil ukuran file systemnya. Sehingga system operasi dapat mudah dibawa kemanapun.
    • Dengan adanya kemampuan pembacaan melalui USB, jika Hardisk terkena virus dapat dilakukan booting dengan USB, untuk penyeelematan/ pengambilan file.
    • Dengan system puppy botting semakin lama karena terjadi pengekstrakan file system yang ditempatkan di memory ram

 

B.     Saran

·         Linux ubuntu dan puppy merupakan system operasi yang Free Software, dapat digunakan bagi semua orang tanpa membutuhkan license. Baik digunakan untuk perorangan ataupun perusahaan.

    • Dengan penggabungan kedua system operasi ini, diharapkan akan menjadi system operasi yang lebih baik dari segi proses dan file system, dengan booting dengan proses ubuntu yang lebih cepat dan file system mengadopsi puppy yang mengcompress file systemnya sehingga menjadi kecil, sehingga mudah dapat di bawa kemana-mana
    • Dikembangkan driver-driver untuk hardware yang belum terdukung untuk kedua system operas ini.

PENUTUP

 

Demikian makalah tentang Analisis Kinerja Sistem Linux Ubuntu Versus Linux Puppy yang kita buat, tidak ada gading yang tak retak, kami tahu paper ini tidak sempurna, maka kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk paper yang akan dating agar menjadi lebih sempurna. Akhir kata semoga paper ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan para pembaca khususnya mahasiswa AMikom.


DAFTAR PUSTAKA

http://linuxshop.ru/linuxbegin/win-lin-soft-en/.

 

http://www.google.co.id/

 

http://www.batan.go.id/ppin/lokakarya/LKSTN_16/002_linux_rusmanto.pdf

 

http://bagosbanget.web.id/cara-mendapatkan-cd-linux-ubuntu-gratis


 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANALISIS KINERJA SISTEM LINUX UBUNTU "