Pengenalan Bluetooth, WiFi dan WiMAX

.
.





Pengenalan Bluetooth, WiFi dan WiMAX

Bluetooth, WiFi dan WiMAX adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk antar terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Gelombang radio adalah gelombang electomagnetik dan memiliki frekuensi yang berbeda. Teknologi ini frekuensi radio. Serupa dengan radio analog, atau radio FM. Bluetooth bekerja pada frekuensi 2.45GHz. WiFi bekerja di dua band frekuensi 2.4GHz dan 5GHz. WiMAX bekerja dalam dua pita frekuensi, 2 - 11GHz dan 10 - 66GHz. Lihat tabel di bawah untuk perbandingan teknologi tersebut.


Bluetooth

Dinamai raja Denmark, Harold Bluetooth, adalah orang pertama yang muncul, beberapa perangkat seperti ponsel, PDA, headset, keyboard, mouse, peralatan medis dan bahkan mobil sekarang datang dengan fitur ini. Karena biaya rendah, produsen bersedia menerapkan teknologi ini di sebagian besar perangkat. Hal ini dirancang untuk komunikasi jarak pendek dengan jarak sekitar 10 meter. Akibatnya, pengguna lebih sedikit daya dan cocok untuk perangkat bertenaga baterai yang sangat kecil dan perangkat portabel. Masalah yang terkait ketika perangkat berkomunikasi melalui inframerah atau kabel dihapus. Inframerah membutuhkan garis pandang, bluetooth hanya perlu berada di sekitarnya wajar. Seperti kabel tidak diperlukan, itu akan menjadi kurang praktis apabila jaraknya jauh dan tidak fleksibel dan secara otomatis berkomunikasi satu sama lain, itu memerlukan sedikit dari pengguna. Bluetooth memungkinkan untuk nirkabel Personal Area Network (PAN) dengan itu jarak pendek. Untuk sumber daya lebih teknis dan informasi yang berkaitan dengan Bluetooth melihat situs Bluetooth resmi.

Wifi

WiFi atau Wireless Fidelity, memiliki jarak sekitar 100
meter dan memungkinkan untuk kecepatan transfer data yang lebih cepat antara 10 – 54 Mbps. Ada tiga standar nirkabel yang berbeda yang digunakan dalam WiFi yaitu 802.11a, 802.11b dan 802.11g. 802.11 menjadi standar nirkabel yang ditetapkan oleh The Institute of Electrical dan Electronic Engineers (IEEE). WiFi digunakan untuk membuat wireless Local Area Network (WLAN). Standar yang paling banyak digunakan adalah 802.11b dan 802.11g adalah expexcted tumbuh pesat. Wifi banyak digunakan untuk pendidikan, café, hotel, mall, dan masih banyak lainnya. Perbedaan utama antara keduanya adalah kecepatan. 802.11b memiliki kecepatan transfer data 11Mbps upto dan 802.11g memiliki tingkat 54Mbps upto. 802.11g adalah relatif baru dan belum diadopsi secara luas. 802.11a lebih mahal dan sebagai hasilnya tidak tersedia untuk akses publik. Lihat tabel di bawah untuk perbandingan teknologi tersebut.








WiMAX

WiMAX adalah Worldwide Interoperability for Microwave Access. IEEE standar untuk WiMAX adalah 802.16 dan jatuh di bawah kategori wireless Metropolitan Area Network (WMAN). WiMAX beroperasi pada dua band frekuensi yaitu 2 - 11GHz dan 10 – 66 GHz dan memiliki jarak sekitar 50 km dengan kecepatan 80Mbps upto. Hal ini memungkinkan LAN nirkabel yang lebih kecil untuk interkoneksi oleh WiMAX menciptakan MAN nirkabel besar. Jaringan antara kota dapat beachieved tanpa perlu kabel mahal. Hal ini juga dapat memberikan akses wireless broadband berkecepatan tinggi untuk pengguna. Seperti dapat beroperasi di dua frekuensi WiMAX dapat bekerja dengan line-of-sight dan non-line-of-sight. Pada 2 - kisaran frquency 11GHz kerjanya oleh non-line-of-sight, di mana komputer di dalam sebuah gedung berkomunikasi dengan menara atau antena di luar gedung. transmisi frekuensi pendek tidak mudah terganggu oleh penghalang fisik. transmisi frekuensi yang lebih tinggi digunakan untuk layanan non-line-of-sight. Hal ini memungkinkan untuk menara / antena untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jarak yang lebih jauh. Karena infrastruktur yang digunakan dan biaya yang yang dikeluarkan dapat digunakan untuk menyediakan layanan jaringan backbone untuk ISP (Internet Service Provider) dan perusahaan besar menyediakan jaringan nirkabel dan akses internet. Untuk lebih jelasnya perhatikan  tabel di bawah untuk melihat perbandingan teknologi tersebut.


Tabel Perbandingan Teknologi Wireless
Bluetooth
WiFi (a)
WiFi (b)
WiFi (g)
WiMAX
Standard
802.15
802.11a
802.11b
802.11g
802.16
Frequency (GHz)
2.45
5
2.4
2.4
2 - 66
Kecempatan (Mbps)
0.72
54
11
54
80
Jarak
10 m
50 m
100 m
100 m
50 km
Kelebihan
Murah
Kecepatan
Biaya, Murah
Kecepatan
Kecempatan, Jarak
Kelemahan
Jarak
Biaya
Kecepatan
Biaya, jarak
Biaya




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Bluetooth, WiFi dan WiMAX"