Ilmu Budaya Dasar

.
.


Ilmu Budaya Dasar


IlmuBudayaDasar (IBD) tidaklainmerupakanusaha yang diharapkandapatmemberikanpe­ngetahuandasardanpengertianumumtentangkonsep-konsep yang dikem-bftngkanuntukmengkajimsalah-masalahmanusiadankebudayaan, Dengandemikianjelasbahwamatakuliahinitidakdimaksudkanuntukmendidikseorangpakardalamsalahsatubidangkeahlian (disiplin) yang termasuk. dalampengetahuanbudaya, akantetapiIlmuBudayaDasarsemata-matasebagaisalahsatuusahamengembangkankepribadianmahasiswadengancaramemperluaswawasanpemikiransertakemampuankritikalnyaterhadapnilai-nilaibudaya, baik yang menyangkut orang lain danalamsekitar­nya, maupun yang menyangkutdirinyasendiri.
Dan bahwadalammasyarakat yang berkabungsemakinCepatdanrumitini, mahasiswaharusmcngalamipergeserannilai-nilai yang , mungkinsekalidapatmembuatnyamasabodohatauputusasa, suatusikap yang tidakselayaknyadimilikiolehseorangterpelajar. Bagaimanapunjuga, mahasiswaadalah orang-orang muda yang sedangmempelajaricaramemberikantanggapandanpenilaianterhadapapasaja yang terjadiatasdirinyasendiridanmasyarakatsekitarnya. Sudahbarangtentuiaperludibimbinguntukmenemukancaraterbaik yang sesuaidengandirinyasendiritanpaharusmengorbankanmasyarakatdanalamsekitarnya. Secaratidaklangsung  BudayaDasarakanmembantumerekauntukmencapaitujuan-tujuantersebut.
Berpijakdarihal di atas, tujuanmatakuliahIlmuBudayaDasaradalahuntukmengembangkankepribadiandanwawasanpemikiran, khususnyaberkenaandengankebudayaan, agar dayatangkap, persepsidanpenalaranmengenailingkunganbudayamahasiswadapatmenjadilebihhalus. Untukbidagmenjangkautujuantersebut di atas, diharapkanIlmuBudayaDasardapat:
a.Mengusahakanpenajamankepekaanmahasiswaterhadaplingkunganbudaya, sehinggamerekaakanlebihmudahmenyesuaikandiridenganlingkungan yang baru, terutamauntukkepentinganprofesimereka.
b.Memberikesempatanpadamahasiswauntukdapatmemperluaspandanganmerekatcntangmasalahkemanusiaandanbudaya, sertamengembangkandayakritismerckatcrhadappersoalan-persoalan yang mcnyangkutkeduahaltcrscbut.
c.Mcngusahakan agar mahasiswasebagaicaionpcmimpinbangsadanncgara, sertaahlidalatnbidangdisiplinmasing-masing, tidakjatuhkedalamsifat-sifatkedaerahandanpengkotaandisiplin yang ketat. Usaha initcrjadikarcnaruanglingkuppendidikankitaamatdancondongmem-buatmanusiaspcsialis yang berpandangankurangluas.Matakuliahiniberusahamenambahkcmampuanmahasiswauntukmenanggapinilai-nilaidanmasalahdalammasyarakatlingkunganmerekakhususnyadanmasalahserianilai-nilaiumumnyatanpaterlaluterikatolehdisiplinmereka.
d.Mcngusahakanwahanakomunikasiparaakademisi, agar merckalebihmampubcrdialogsatusama lain. Denganmcmilikisatubekal yang sama, paraakademisidiharapkandapatlebihlancarberkomunikasi. Kalaucaraberkomunikasiiniselanjutnyaakanlebihmemperlancarpclaksanaanpembangunandalambcrbagaibidangkeahlian. Mcskipunspcsialisasisangatpenting, spcsialisasi yang terlalusempitakanmembuatduniascorangmahasiswa/sarjanamenjaditcrlalusempit. Masyarakat yang pcrcayapadapentingnyamodcrnisasitidakakandapatmemanfaat-kansccarapenuhsarjana-sarjanademikian, scbab proses modcrnisasimcmerlukan orang yang bcrpandanganluas.

Secara umum tujuan Ilmu Budaya dasar

 adalahPembentukandanpengembangankeperibadiansertaperluasanwawasanperhatian, pengetahuandanpemikiranmengenaiberbagaigejala yang adadantimbuldalamlingkungan, khususnyagejala-gejalaberkenaandengankebudayaandankemanusiaan, agar dayatanggap, persepsidanpenalaranberkenaandenganlingkunganbudayadapatdiperluas. Jikadiperinci, makatujuanpengajaranllmuBudayaDasarituadalah:
1.Lebihpekadanterbukaterhadapmasalahkemanusiaandanbudaya, scrtalebihbertanggungjawabterhadapmasalah-masalahtersebut.
2.Mengusahakankepekaanterhadapnilai-nilai lain untuklebihmudahmenyesuaikandiri.
3.Menyadarkanmahasiswaterhadapnilai-nilai yang hidupdalammasyarakat, hormatmenghormatisertasimpatipadanilai-nilai yang hiduppadamasyarakat.
4.Mengembangkandayakritistcrhadappcrsoalankemanusiaandankebudayaan.
5.Memilikilatarbelakangpengetahuan yang cukupluastentangkebudayaan Indonesia.
6.Menimbulkanminatuntukmendalaminya.
7.Mcndukungdanmcngcmbangkankebudayaansendiridengankreatif.
8.Tidakterjerumuskepadasifatkedaarahandanpengkotakandisiplinilmu.
9.Menambahkankemampuanmahasiswauntukmcnanggapimasalahnilai-nilaibudayadalammasyarakat Indonesia danduniatanpaterpikatolehdisiplinmereka.
10.Mempunyaikesamaanbahanpembicaraan, tempatberpijakmengenaimasalahkemanusiaandankebudayaan.
11.Terjalininteraksiantaracendekiawan yang berbedakeahlian agar lebihpositifdankomunikatif.
12.Menjembataniparasarjana yang berbedakeahliannyadalambertugasmenghadapimasalahkemanusiaandanbudaya.
13.Memperlancarpelaksanaanpembangunandalamberbagaibidang yang ditanganiolehberbagaicendekiawan.
14.Agarmampumemenuhituntutanmasyarakat yang sedangmembangun.
15.Agarmampumemenuhituntutandari Tri Dharma PerguruanTinggi, khususnya dharma pendidikan.
Dari  kerangkatujuan yang telahdikemukakantersebutdiatas, duamasalahpokokbiasadipakaisebagaibahanpertimbanganuntukmenentukanruanglingkupkajianmatakuliahIlmuBudayaDasar (IBD). Keduamasalahpokoktersebutialah :
a.Berbagaiaspekkehidupan yang seluruhnyamcrupakanungkapanmasalahkemanusiaandanbudaya yang dapaldidekatidenganmenggunakanpe­ngetahuanbudaya (The Humanities), baikdarisegimasing-masingkeah­lian (disiplin) di dalampengetahuanbudaya, maupunsccaragabungan (anlarbidang) bcrbagaidisiplindalampengetahuanbudaya.
b.Hakekatmanusia yang satuatau universal, akantetapi yang beranekaragamperwujudannyadalamkebudayaanmasing-masingzaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Budaya Dasar"