.
.
Ilmu Budaya Dasar
IlmuBudayaDasar
(IBD) tidaklainmerupakanusaha yang diharapkandapatmemberikanpengetahuandasardanpengertianumumtentangkonsep-konsep
yang dikem-bftngkanuntukmengkajimsalah-masalahmanusiadankebudayaan,
Dengandemikianjelasbahwamatakuliahinitidakdimaksudkanuntukmendidikseorangpakardalamsalahsatubidangkeahlian
(disiplin) yang termasuk. dalampengetahuanbudaya,
akantetapiIlmuBudayaDasarsemata-matasebagaisalahsatuusahamengembangkankepribadianmahasiswadengancaramemperluaswawasanpemikiransertakemampuankritikalnyaterhadapnilai-nilaibudaya,
baik yang menyangkut orang lain danalamsekitarnya, maupun yang
menyangkutdirinyasendiri.
Dan
bahwadalammasyarakat yang berkabungsemakinCepatdanrumitini,
mahasiswaharusmcngalamipergeserannilai-nilai yang ,
mungkinsekalidapatmembuatnyamasabodohatauputusasa, suatusikap yang
tidakselayaknyadimilikiolehseorangterpelajar. Bagaimanapunjuga, mahasiswaadalah
orang-orang muda yang
sedangmempelajaricaramemberikantanggapandanpenilaianterhadapapasaja yang
terjadiatasdirinyasendiridanmasyarakatsekitarnya.
Sudahbarangtentuiaperludibimbinguntukmenemukancaraterbaik yang
sesuaidengandirinyasendiritanpaharusmengorbankanmasyarakatdanalamsekitarnya.
Secaratidaklangsung BudayaDasarakanmembantumerekauntukmencapaitujuan-tujuantersebut.
Berpijakdarihal
di atas,
tujuanmatakuliahIlmuBudayaDasaradalahuntukmengembangkankepribadiandanwawasanpemikiran,
khususnyaberkenaandengankebudayaan, agar dayatangkap,
persepsidanpenalaranmengenailingkunganbudayamahasiswadapatmenjadilebihhalus. Untukbidagmenjangkautujuantersebut
di atas, diharapkanIlmuBudayaDasardapat:
a.Mengusahakanpenajamankepekaanmahasiswaterhadaplingkunganbudaya,
sehinggamerekaakanlebihmudahmenyesuaikandiridenganlingkungan yang baru,
terutamauntukkepentinganprofesimereka.
b.Memberikesempatanpadamahasiswauntukdapatmemperluaspandanganmerekatcntangmasalahkemanusiaandanbudaya,
sertamengembangkandayakritismerckatcrhadappersoalan-persoalan yang
mcnyangkutkeduahaltcrscbut.
c.Mcngusahakan
agar mahasiswasebagaicaionpcmimpinbangsadanncgara,
sertaahlidalatnbidangdisiplinmasing-masing,
tidakjatuhkedalamsifat-sifatkedaerahandanpengkotaandisiplin yang ketat. Usaha
initcrjadikarcnaruanglingkuppendidikankitaamatdancondongmem-buatmanusiaspcsialis
yang berpandangankurangluas.Matakuliahiniberusahamenambahkcmampuanmahasiswauntukmenanggapinilai-nilaidanmasalahdalammasyarakatlingkunganmerekakhususnyadanmasalahserianilai-nilaiumumnyatanpaterlaluterikatolehdisiplinmereka.
d.Mcngusahakanwahanakomunikasiparaakademisi,
agar merckalebihmampubcrdialogsatusama lain. Denganmcmilikisatubekal yang sama,
paraakademisidiharapkandapatlebihlancarberkomunikasi.
Kalaucaraberkomunikasiiniselanjutnyaakanlebihmemperlancarpclaksanaanpembangunandalambcrbagaibidangkeahlian.
Mcskipunspcsialisasisangatpenting, spcsialisasi yang
terlalusempitakanmembuatduniascorangmahasiswa/sarjanamenjaditcrlalusempit.
Masyarakat yang
pcrcayapadapentingnyamodcrnisasitidakakandapatmemanfaat-kansccarapenuhsarjana-sarjanademikian,
scbab proses modcrnisasimcmerlukan orang yang bcrpandanganluas.
Secara umum tujuan Ilmu Budaya dasar
adalahPembentukandanpengembangankeperibadiansertaperluasanwawasanperhatian,
pengetahuandanpemikiranmengenaiberbagaigejala yang adadantimbuldalamlingkungan,
khususnyagejala-gejalaberkenaandengankebudayaandankemanusiaan, agar
dayatanggap, persepsidanpenalaranberkenaandenganlingkunganbudayadapatdiperluas.
Jikadiperinci, makatujuanpengajaranllmuBudayaDasarituadalah:
1.Lebihpekadanterbukaterhadapmasalahkemanusiaandanbudaya,
scrtalebihbertanggungjawabterhadapmasalah-masalahtersebut.
2.Mengusahakankepekaanterhadapnilai-nilai
lain untuklebihmudahmenyesuaikandiri.
3.Menyadarkanmahasiswaterhadapnilai-nilai
yang hidupdalammasyarakat, hormatmenghormatisertasimpatipadanilai-nilai yang
hiduppadamasyarakat.
4.Mengembangkandayakritistcrhadappcrsoalankemanusiaandankebudayaan.
5.Memilikilatarbelakangpengetahuan
yang cukupluastentangkebudayaan Indonesia.
6.Menimbulkanminatuntukmendalaminya.
7.Mcndukungdanmcngcmbangkankebudayaansendiridengankreatif.
8.Tidakterjerumuskepadasifatkedaarahandanpengkotakandisiplinilmu.
9.Menambahkankemampuanmahasiswauntukmcnanggapimasalahnilai-nilaibudayadalammasyarakat
Indonesia danduniatanpaterpikatolehdisiplinmereka.
10.Mempunyaikesamaanbahanpembicaraan,
tempatberpijakmengenaimasalahkemanusiaandankebudayaan.
11.Terjalininteraksiantaracendekiawan
yang berbedakeahlian agar lebihpositifdankomunikatif.
12.Menjembataniparasarjana
yang berbedakeahliannyadalambertugasmenghadapimasalahkemanusiaandanbudaya.
13.Memperlancarpelaksanaanpembangunandalamberbagaibidang
yang ditanganiolehberbagaicendekiawan.
14.Agarmampumemenuhituntutanmasyarakat
yang sedangmembangun.
15.Agarmampumemenuhituntutandari
Tri Dharma PerguruanTinggi, khususnya dharma pendidikan.
Dari
kerangkatujuan yang telahdikemukakantersebutdiatas,
duamasalahpokokbiasadipakaisebagaibahanpertimbanganuntukmenentukanruanglingkupkajianmatakuliahIlmuBudayaDasar
(IBD). Keduamasalahpokoktersebutialah :
a.Berbagaiaspekkehidupan
yang seluruhnyamcrupakanungkapanmasalahkemanusiaandanbudaya yang
dapaldidekatidenganmenggunakanpengetahuanbudaya (The Humanities),
baikdarisegimasing-masingkeahlian (disiplin) di dalampengetahuanbudaya,
maupunsccaragabungan (anlarbidang) bcrbagaidisiplindalampengetahuanbudaya.
b.Hakekatmanusia
yang satuatau universal, akantetapi yang beranekaragamperwujudannyadalamkebudayaanmasing-masingzaman.
0 Response to "Ilmu Budaya Dasar"
Post a Comment