makalah sistem informasi marketing

.
.
MAKALAH
SISTIM INFORMASI MARKETING




Disusun Oleh:

DEKA MARIO

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer
DIAN CIPTA CENDIKIA LAMPUNG
(DCC LAMPUNG)
Jl. Hos cokroaminoto N0.3 Kotabumi Lampung utara


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul SISTIM INFORMASI MARKETING.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.



Kotabumi 21 November 2012



Penyusun


















DAFTAR ISI
Kata Pengantar................................................................................................. 1
Daftar Isi........................................................................................................... 2
BAB I Pengertian,Konsep,Definisi Marketing
 Dan Manajemen Marketing................................................................ 3
A. Pengertian Marketing...................................................................... 3
B. Konsep Marketing........................................................................... 3
C. Manajemen Marketing.................................................................... 4
BAB II Macam-Macam Konsep Marketing..................................................... 5
1. Konsep Marketing............................................................................ 5
BAB III Sistem Marketing............................................................................... 7
A. Pengertian Sistem Marketing.......................................................... 7
B. macam-macam sistem marketing................................................... 7
C. Lingkungan Sebuah Sistem marketing........................................... 8
BAB IV STRATEGI MARKETING................................................................. 10
A. Pengertian Strategi Marketing........................................................ 10
B. Macam-Macam Strategi Marketing................................................ 10
C. Segmentasi Pasar............................................................................. 11
D. Menentukan Pasar Sasaran.............................................................. 14
BAB V Perilaku Konsumen............................................................................. 15
A. Pengertian Perilaku Konsumen....................................................... 15
B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen............. 15
C. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli........................................ 16
BAB VI Kesimpulan Dan Penutup................................................................... 22
A. Kesimpulan...................................................................................... 22
B. Penutup............................................................................................ 23


BAB I
PENGERTIAN, KONSEP, DEFINISI MARKETING
DAN MANAJEMEN MARKETING


A. Pengertian marketing


Ada beberapa definisi mengenai marketing adalah :


a. Philip Kotler (Marketing) marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.


b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong marketing adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.


c. marketing adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.


d. Menurut W Stanton marketing adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

B. Konsep marketing

Konsep-konsep inti marketing meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.


C. Manajemen marketing

Manajemen markering berasal dari dua kata yaitu manajemen dan marketing. Menurut Kotler dan Armstrong marketing adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen marketing adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.


Kesimpulan :

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen marketing adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari
pemasaran dapat tercapai.








BAB II
MACAM-MACAM KONSEP MARKETING




A. Konsep marketing
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:


1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.


2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.


3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.


4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)


5. Andalah yang menentukan (United Airlines)


6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).


Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep marketing, konsep marketing sosial, dan konsep marketing global.


1. Konsep produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep produk

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik

3. Konsep penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep Marketing

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5. Konsep Marketing sosial

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Marketing Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang
terlibat dalam perusahaan.
BAB III 
SISTEM MARKETING

A. Pengertian Sistem Marketing
Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem marketing adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas marketing barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya..

Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :


1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja marketing.


2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.


3. Target pasar.


4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).


5. Kendala lingkungan (environmental constraints).


Sistem marketing yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.


B. Macam – Macam Sistem marketing

a. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal

Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.


Tujuan :


§ Mengendalikan perilaku saluran


§ Mencegah perselisihan antara anggota saluran


b. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal


Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang marketing yang muncul.


c. Sistem marketing dengan saluran ganda


Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.


C. Lingkungan Sebuah Sistem marketing


a. Lingkungan makro ekstern.


Lingkungan makro tersebut ialah:


a. Demografi (kependudukan).


b. Kondisi ekonomi.


c. Teknologi.


d. Kekuatan sosial dan budaya.


e. Kekuatan politik dan legal.


f. Persaingan.


b. Lingkungan mikro eksternal


a. Pasar (market)


b. Pemasok


c. Pialang (marketing intermediaries)


c. Lingkungan Non- – Pemasaran Intern


Kekuatan non – marketing lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhan bagian penelitian dan pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalam organisasi dan dikendalikan oleh manajemen.






BAB IV 
STRATEGI MARKETING


A. Pengertian Strategi Marketing

Strategi marketing adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya marketing, bauran marketing, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi marketing, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam marketing yaitu :

1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

2. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi marketing harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi ekonomi

Strategi Marketing harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

B. Macam-Macam Strategi Marketing

macam strategi marketing diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi marketing untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.

2. Strategi Kebutuhan Selektif

Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)

1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)


2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.


2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.


3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.


4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


C. Segmentasi Pasar


Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran marketing yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.


1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

a. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan 
     iklim.

b. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, 
    pendidikan, dll

c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.


d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat
    pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri


a. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis,
    dan banyaknya langganan.

b. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan
    pelanggan.

2. Syarat segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
a. Dapat diukur
b.Dapat dicapai
c. Cukup besar atau cukup menguntungkan
d.Dapat dibedakan
e. Dapat dilaksanakan

3. Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.


a. Marketing massal

marketing massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

b. Marketing segmen

Marketing segment menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

c. Marketing ceruk

Marketing ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segment-segment. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.

d. Marketing mikro

Praktek penyesuaian produk dan program marketing agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam marketing mikro adalah marketing lokal dan marketing individu.

4. Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:

a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.

b. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon marketing yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

D. Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

1. Langkah pertama

Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segment yang ada

2. Langkah kedua

Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.



BAB V
PERILAKU KONSUMEN


A. Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan individu yang melibatkan pembelian penggunaan barang dan jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, pelayanan dari sumber lainnya.

B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

    Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :

1. Faktor kebudayaan

    Faktor kebudayaan meliputi :

a. Budaya : faktor-faktor budaya memberikan pengaruhnya paling luas pada keinginan ]
    dan perilaku konsumen. Budaya (culture) adalah penyebab paling mendasar teori 
    keinginan dan perilaku seseorang.

b. Subbudaya : setiap kebudayaan mengandung sub kebudayaan yang lebih kecil, atau
    sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman
    dan situasi kehidupan yang sama. Sub kebudayaan meliputi: kewarganegaraan, agama,
     ras, dan daerah gegrafis.

c. Kelas sosial : hampir setiap masyarakat memiliki beberapa bentuk struktur kelas sosial.
   Kelas-kelas sosial adalah bagian-bagian masyarakat yang relatif permanen dan tersusun
   rapi yang anggota-anggotanya mempunyai nilai-nilai, kepentingan dan perilaku yang
   sama.

Perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta aturan dan status sosial konsumen. Disini keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat. Keputusan orang ingin membeli juga dipenggaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomui, gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri.


Selain dari beberapa faktor diatas yang mempengaruhi perilaku konsumen juga dipengaruhi juga oleh faktor-faktor psikologis seseorang, yang meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan dan keyakinan serta sikap.


C. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli

a.  Proses Pengambilan Keputusan Pembeli Terhadap produk Baru

Sebuah produk baru adalah barang, jasa, atau ide yang dianggap baru oleh pembeli potensial. Terkadang produk yang beredar dipasaran telah lama ada, disini konsumen dapat membuat keputusan untuk menerima / mengadopsinya. Proses adopsi adalah proses mental yang dilalui seseorang, mulai dari pengenalan pertama sampai pada penerimaan / adopsi final.


Tahap-tahap proses adopsi:


1. Sadar : konsumen menjadi sadar akan adanya produk baru, tetapi kekurangan
    informasi mengenainya.

2. Tertarik : konsumen akan menjadoi tertarik untuk mencari informasi mengenai produk
    baru.

3. Evalusi : konsumen harus mempertimbangkan apakah produk baru tersebut masuk akal
    atau tidak untuk dikonsumsi.

4. Mencoba : konsumen mencoba produk baru tersebut dalam skala kecil untuk 
    meningkatkan perkiraan nilai produk tersebut.
5. Adopsi : konsumen memutuskan secara penuh dan teratur menggunakan produk baru
    tersebut.

b. Tipe-Tipe Perilaku Membeli

    Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu :

a. Perilaku pembelian yang kompleks

    Disini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga
    produk tinggi, jarang dibeli, memiliki resiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui
    proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk 
    tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga melakukan pilihan.

b. Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan

    Disini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan,
   diantara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang
    lebih cocok.
    Perilaku pembelian karena kebiasaan

    Disini konsumen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaan
    nyata diantara berbagai merek dan harga barang relatif rendah
    Perilaku pembelian yang mencari keragaman

    Disini keterlibatan konsumen yang rendah akan dihadapkan pada berbagai pemilihan
    merek.

c. Tahap-Tahap Proses Membeli

    Tahap-tahap dalam proses membeli mwliputi :

a. Pengenalan kebutuhan/masalah

   Disini orang yang akan memasarkan produk meneliti mengenai apa yang dibutuhkan,
   apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang membutuhkan
   sesuatu. Seorang pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih tertarik.

b. Pencarian informasi

    Sumber informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu :

1. Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga, dan kenalan.


2. Sumber niaga, meliputi : periklanan, petugas penjualan, penjual kemasan dan
    pemajangan.

3. Sumber umum, meliputi : media massa dan organisasi konsumen.


4. Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan mempergunakan
    produk.

c. Pencarian alternatif


Terdapat lima konsep dasar bagi pemasar dalam penilaian alternatif konsumen, yaitu :

Sifat-sifat produk, apa yang menjadi ciri-ciri khusus dan perhatian konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.
Pemasar lebih memperhatikan pentingnya ciri-ciri produk daripada penonjolan Ciri-ciri produk.
Kepercayaan konsumen terhadap ciri merek yang menonjol
Fungsi kemanfaatan, yaitu bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan yang diperoleh dari produk dengan tingkat alternatif yang berbeda-beda setiap hari
Bagaimana prosedur penilaian yang dilakukan konsumen dari sekian banyak ciri-ciri barang.
d. Keputusan Membeli
Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
-  Sikap orang lain : keputusan membeli itu banyak dipengaruhi oleh teman-teman,
    tetangga, atau siapa saja yang dipercayai
-  Faktor-faktor situasi yang tidak terduga : seperti faktor harga pendapatan

Sistem informasi Marketing

Sesuai perkembangan sekarang, perusahaan yg menggunakan TPS( transaction processing unit, database yag ada dapat digabungkan dg database non transaksi yg berasal dari sistem informasi fungsional. Gabungan database ini dapat digunakan oleh manajer semua level untuk memebuat laporan, salah satu sistem fungsional yg akan kita bahas sekarang adalah sistem informasi marketing.


Sistem informasi Marketing selalu digunakan oleh bagian marketing dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk2 perusahaan tersebut.sistem informasi ini merupakan      gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:

Produk
Tempat
Promosi
Harga  produk

menurut mcleod(2000), sistem informasi Marketing terdiri dari beberapa subsistem antara lain:

Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan.
Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap pesaing.
Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.
Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.
Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.





BAB VI
KESIMPULAN DAN PENUTUP

A. KESIMPULAN
Jika didefinisakan dalam arti yang luas, sistem informasi marketing adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. Sistem informasi marketing selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
Produk
Tempat
Promosi
Harga produk Komponen Sistem Informasi marketing
Sistem informasi marketing mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitu
komponen-komponen input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol. Perbedaan komponen-komponen ini antar sistem-sistem informasi lainnya adalah konteks letak dari sistem informasinya. Misalnya untuk Sistem informasi marketing ini, maka komponen inputnya adalah input tentang data pemasaran dan outputnya adalah laporan-laporan berisi informasi pemasaran










B. PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Kotabumi, 21 November 2012



penulis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "makalah sistem informasi marketing"