Makalah Analisis Kinerja Sistem

.
.
Analisis Kinerja Sistem
(Procedure Error)





Disusun Oleh :
               DEKA MARIO
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK “DCC LAMPUNG”
LAMPUNG
2013
  1. Sistem Informasi Memiliki 4 Komponen Utama
  1. 4 komponen utama sistem software
  • Kode
  • Prosedur
  • Data
  • Dokumentasi
  1. Bagaimana kualitas dari setiap komponen terhadap kualitas software yang dikembangkan?
  • Semua komponen tersebut harus mempunyai acuan yang lengkap
  • Kode yang digunakan harus baik dan sesuai dengan prosedur penulisan pemrograman. Hal ini untuk mempermudah apabila terjadi kesalahan pengkodean.
  • Dokumentasi yang dibuat harus bisa dipahami oleh programmer lain, jika suatu saat terdapat error pada software.
  1. Bagaimana kualitas dari setiap komponen terhadap kualitas software yang dimaintenance?
  • Software bisa di update, meliputi perubahan, penambahan, dan penggantian software juka diperlukan.
  • Dengan pengkodean yang baik, pemeliharaan software bisa dilakukan dengan cepat, karena bila ada kesalahan dapat terdeteksi dengan mudah.
  • Baik data, prosedur, kode, maupun dokumentasi semuanya harus fleksibel untuk mempermudah pemeliharaan.
  1. Software Error, Fault, Dan Failure
  1. Defenisikan tentang software, error, dan failure. Jelaskan perbedaan masing-masing status software ini!
  • Error adalah suatu bagian dari kode yang sebagian atau keseluruhannya tidak tepat sebagai hasil dari kesalahan gramatikal, logikal, atau lainnya yang dibuat oleh seorang sistem analis, programmer, atau anggota lainnya pada tahap pengembang software.
  • Faults adalah software error yang menimbulkan fungsi yang tidak diinginkan dalam aplikasi software.
  • Failure adalah software yang muncul ketika software digunakan.
Perbedaan ketiga status software yang tidak diinginkan ini terdapat pada implementasinya, yaitu pada error terjadi pada saat proses pengkodean, fault terjadi jika ada kesalahan pada saat pengkodeaan, dan failure terjadi ketika aplikasi dijalankan.
  1. Jelaskan bagaimana mungkin software yang telah dijalankan selama 6 tahun dan melayani 300 klien dapat memunculkan bug baru!
    • Bug merupakan masalah yang dapat mengacaukan sistem komputer sehingga dapat menyebabkan terjadinya kegagalan teknologi atau software. Hal ini disebabkan karena kurangnya persiapan pengembang software untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi beberapa tahun kedepan, dan akibat kacaunya beberapa baris kode software. Selain itu, perubahan yang terjadi pada hubungan antara suatu organisasi dengan teknologi (software) juga dapat mengakibatkan munculnya bug baru pada software.



PROCEDURE ERROR


Masalah / Kasus :


"Eiffel", suatu grup toko penjualan material dan konstruksi bangunan yang memiliki sistem tagihan bulanan pada kustomernya, telah memutuskan untuk memberikan diskon sebanyak 5%. Diskon tersebut ditawarkan pada kustomer yang memiliki total pembelian dalam 12 bulan terakhir sebanyak 1juta dolar. Namun, manajemen telah memutuskan untuk menarik diskon kembali pada kustomer yang meretur barang sebanyak minimal 10% dari total pembeliannya dalam jangka 3 bulan. Software tersebut dibuat terdesentralisasi, sehingga masing-masing toko memroses tagihan bulanan kepada konsumen secara terpisah.


Prosedur yang benar
Prosedur yang salah
Setiap awal bulan, di Pusat Pemrosesan Informasi Eiffel :
  1. Mengumpulkan data penjualan dan data retur bulan lalu untuk setiap kustomer dari semua toko dalam grup Eiffel.
  2. Menghitung total pembelian dari seiap kustomer untuk 12 bulan terakhir di semua toko
  3. Menghitung persentase barang retur untuk 3 bulan terakhir dari setiap kustomer di semua toko
  4. Mempersiapkan suatu daftar dari semua kustomer yang berhak mendapatkan diskon sebanyak 5% dan mendistribusikannya ke setiap toko sebelum akhir bulan.
Setiap awal bulan, di semua Toko-toko Eiffel :
  1. Memroses pembelian bulanan oleh setiap kustomer
  2. Menghitung diskon berdasarkan daftar yang diupdate dari pusat pada akhir bulan sebelumnya.

Setiap akhir tahun, di Pusat Pemrosesan Informasi Eiffel :
  1. Mengumpulkan data penjualan tahun kemarin dari setiap kustomer pada semua toko Eiffel.
  2. Menghitung total penjualan setiap kustomer di tahun sebelumnya pada semua toko Eiffel.
  3. Mempersiapkan daftar semua kustomer yang pembeliannya mencapai 1 juta dolar dan membagikan daftar tersebut ke semua toko Eiffel.
Pada setiap akhir caturwulan, di semua Toko-toko Eiffel :
  1. Menghitung persentase dari setiap barang yang diretur dalam caturwulan terakhir untuk setiap kustomer
  2. Mempersiapkan daftar dari semua kustomer yang melakukan retur barang dalam caturwulan terakhir mencapai 10% dari pembelian pada caturwulan tersebut.
Pada setiap awal bulan, semua Toko-toko Eiffel:
  1. Memroses setiap pembelian bulanan untuk setiap kustomer.
  2. Menghitung diskon berdasarkan data pembelian tahun lalu dalam semua toko, dan berdasarkan pada record retur dalam caturwulan terakhir.










Soal no 3:
Pak Joni adalah pelanggan pada toko Kandopan dan Kademan yang termasuk grup toko “Eiffel”. Data pembelian dan retur dari Pak Joni adalah sebagai berikut:


BULAN
Toko Kandopan
Toko Kademan



Pembelian
(Jt-an $)
Retur
(Jt-an $)
Pembelian
(Jt-an $)
Retur
(Jt-an $)
Jan 2000
100
20
60
5
Feb 2000
120
10
40
-
Mar 2000
10
-
30
10
Apr 2000
80
5
50
10
Mei 2000
30
-
20
-
Jun 2000
60
20
30
10
Jul 2000
10
-
40
-
Ags 2000
60
5
10
-
Sep 2000
20
-
20
5
Okt 2000
20
5
40
10
Nov 2000
40
-
20
-
Des 2000
20
-
60
5
Jan 2001
30
10
40
-
Feb 2001
60
5
30
5
Mar 2001
20
5
40
10


  1. Jelaskan kesalahan prosedur yang terdapat pada prosedur yang salah dalam software Eiffel
  2. Temukan pada bulan yang mana – Jan 2001, Feb 2001, atau Mar 2001 – Pak Joni mendapatkan kualifikasi untuk diskon 5%. Berapakah jumlah diskonnya ? Hitunglah berdasarkan prosedur yang benar.
  3. Berdasarkan prosedur yang salah, temukan pada bulan yang mana – Jan 2001, Feb 2001, atau Mar 2001 – Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon 5% pada toko Kandopan dan Kademan? Berapakah jumlah diskonnya ?






Penyelesaiannya :
  1. Kesalahan prosedur yang terdapat dalam kesalahan procedure pada software Eiffel :
    • Point 1, 2, dan 3 yaitu : Pemrosesan dipusat informasi seharusnya dilakukan pada tiap awal bulan.
    • Point 1 dan 2 yaitu : harus dilakukan dipusat informasi bukan pada semua toko.
  2. Tabel
Periode
Pembelian
(juta-an $)
Retur
(juta-an $)
% Retur
(juta-an $)
Januari – Maret 2000
360
45
12.5
Maret – Mei 2000
220
25
11.4
Mei – Juli 2000
190
30
15.8
Juli – September 2000
160
10
6.25
September – November 2000
160
20
12.5
November – Januari 2001
210
15
7.14
Januari – Maret 2001
220
35
15.9


Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon sebesar 5 % pada bulan Januari 2001 Total penjualan periode November – Januari 2001 =  210 juta
Total retur periode November – Januari 2001 =  15 juta
Total % retur periode November – Januari 2001 =  7.14 % (minimal)
Jumlah diskon untuk periode November – Januari 2001 =  210 * 5 %
=  10.5 juta
  1. Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon sebesar 5 % pada bulan Maret 2001
Total penjualan periode Januari – Maret 2001 =  220 juta
Total retur periode Januari – Maret 2001 =  35 jt
Total % retur periode Januari – Maret 2001 =  15.9 %
Jumlah diskon untuk periode Januari – Maret 2001 =  220 * 5 %


=  11 juta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Analisis Kinerja Sistem"