.
.
Analisis Kinerja Sistem
(Procedure Error)
Disusun Oleh :
DEKA MARIO
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK “DCC LAMPUNG”
LAMPUNG
2013
- Sistem Informasi Memiliki 4 Komponen Utama
- 4 komponen utama sistem software
- Kode
- Prosedur
- Data
- Dokumentasi
- Bagaimana kualitas dari setiap komponen terhadap kualitas software yang dikembangkan?
- Semua komponen tersebut harus mempunyai acuan yang lengkap
- Kode yang digunakan harus baik dan sesuai dengan prosedur penulisan pemrograman. Hal ini untuk mempermudah apabila terjadi kesalahan pengkodean.
- Dokumentasi yang dibuat harus bisa dipahami oleh programmer lain, jika suatu saat terdapat error pada software.
- Bagaimana kualitas dari setiap komponen terhadap kualitas software yang dimaintenance?
- Software bisa di update, meliputi perubahan, penambahan, dan penggantian software juka diperlukan.
- Dengan pengkodean yang baik, pemeliharaan software bisa dilakukan dengan cepat, karena bila ada kesalahan dapat terdeteksi dengan mudah.
- Baik data, prosedur, kode, maupun dokumentasi semuanya harus fleksibel untuk mempermudah pemeliharaan.
- Software Error, Fault, Dan Failure
- Defenisikan tentang software, error, dan failure. Jelaskan perbedaan masing-masing status software ini!
- Error adalah suatu bagian dari kode yang sebagian atau keseluruhannya tidak tepat sebagai hasil dari kesalahan gramatikal, logikal, atau lainnya yang dibuat oleh seorang sistem analis, programmer, atau anggota lainnya pada tahap pengembang software.
- Faults adalah software error yang menimbulkan fungsi yang tidak diinginkan dalam aplikasi software.
- Failure adalah software yang muncul ketika software digunakan.
Perbedaan ketiga status software yang tidak diinginkan ini terdapat pada implementasinya, yaitu pada error terjadi pada saat proses pengkodean, fault terjadi jika ada kesalahan pada saat pengkodeaan, dan failure terjadi ketika aplikasi dijalankan.
- Jelaskan bagaimana mungkin software yang telah dijalankan selama 6 tahun dan melayani 300 klien dapat memunculkan bug baru!
- Bug merupakan masalah yang dapat mengacaukan sistem komputer sehingga dapat menyebabkan terjadinya kegagalan teknologi atau software. Hal ini disebabkan karena kurangnya persiapan pengembang software untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi beberapa tahun kedepan, dan akibat kacaunya beberapa baris kode software. Selain itu, perubahan yang terjadi pada hubungan antara suatu organisasi dengan teknologi (software) juga dapat mengakibatkan munculnya bug baru pada software.
PROCEDURE ERROR
Masalah / Kasus :
"Eiffel", suatu grup toko penjualan material dan konstruksi bangunan yang memiliki sistem tagihan bulanan pada kustomernya, telah memutuskan untuk memberikan diskon sebanyak 5%. Diskon tersebut ditawarkan pada kustomer yang memiliki total pembelian dalam 12 bulan terakhir sebanyak 1juta dolar. Namun, manajemen telah memutuskan untuk menarik diskon kembali pada kustomer yang meretur barang sebanyak minimal 10% dari total pembeliannya dalam jangka 3 bulan. Software tersebut dibuat terdesentralisasi, sehingga masing-masing toko memroses tagihan bulanan kepada konsumen secara terpisah.
Prosedur yang benar
|
Prosedur yang salah
|
Setiap awal bulan, di Pusat Pemrosesan Informasi Eiffel :
Setiap awal bulan, di semua Toko-toko Eiffel :
|
Setiap akhir tahun, di Pusat Pemrosesan Informasi Eiffel :
Pada setiap akhir caturwulan, di semua Toko-toko Eiffel :
Pada setiap awal bulan, semua Toko-toko Eiffel:
|
Soal no 3:
Pak Joni adalah pelanggan pada toko Kandopan dan Kademan yang termasuk grup toko “Eiffel”. Data pembelian dan retur dari Pak Joni adalah sebagai berikut:
BULAN
|
Toko Kandopan
|
Toko Kademan
| ||
Pembelian
(Jt-an $)
|
Retur
(Jt-an $)
|
Pembelian
(Jt-an $)
|
Retur
(Jt-an $)
| |
Jan 2000
|
100
|
20
|
60
|
5
|
Feb 2000
|
120
|
10
|
40
|
-
|
Mar 2000
|
10
|
-
|
30
|
10
|
Apr 2000
|
80
|
5
|
50
|
10
|
Mei 2000
|
30
|
-
|
20
|
-
|
Jun 2000
|
60
|
20
|
30
|
10
|
Jul 2000
|
10
|
-
|
40
|
-
|
Ags 2000
|
60
|
5
|
10
|
-
|
Sep 2000
|
20
|
-
|
20
|
5
|
Okt 2000
|
20
|
5
|
40
|
10
|
Nov 2000
|
40
|
-
|
20
|
-
|
Des 2000
|
20
|
-
|
60
|
5
|
Jan 2001
|
30
|
10
|
40
|
-
|
Feb 2001
|
60
|
5
|
30
|
5
|
Mar 2001
|
20
|
5
|
40
|
10
|
- Jelaskan kesalahan prosedur yang terdapat pada prosedur yang salah dalam software Eiffel
- Temukan pada bulan yang mana – Jan 2001, Feb 2001, atau Mar 2001 – Pak Joni mendapatkan kualifikasi untuk diskon 5%. Berapakah jumlah diskonnya ? Hitunglah berdasarkan prosedur yang benar.
- Berdasarkan prosedur yang salah, temukan pada bulan yang mana – Jan 2001, Feb 2001, atau Mar 2001 – Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon 5% pada toko Kandopan dan Kademan? Berapakah jumlah diskonnya ?
Penyelesaiannya :
- Kesalahan prosedur yang terdapat dalam kesalahan procedure pada software Eiffel :
- Point 1, 2, dan 3 yaitu : Pemrosesan dipusat informasi seharusnya dilakukan pada tiap awal bulan.
- Point 1 dan 2 yaitu : harus dilakukan dipusat informasi bukan pada semua toko.
- Tabel
Periode
|
Pembelian
(juta-an $)
|
Retur
(juta-an $)
|
% Retur
(juta-an $)
|
Januari – Maret 2000
|
360
|
45
|
12.5
|
Maret – Mei 2000
|
220
|
25
|
11.4
|
Mei – Juli 2000
|
190
|
30
|
15.8
|
Juli – September 2000
|
160
|
10
|
6.25
|
September – November 2000
|
160
|
20
|
12.5
|
November – Januari 2001
|
210
|
15
|
7.14
|
Januari – Maret 2001
|
220
|
35
|
15.9
|
Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon sebesar 5 % pada bulan Januari 2001 Total penjualan periode November – Januari 2001 = 210 juta
Total retur periode November – Januari 2001 = 15 juta
Total % retur periode November – Januari 2001 = 7.14 % (minimal)
Jumlah diskon untuk periode November – Januari 2001 = 210 * 5 %
= 10.5 juta
- Pak Joni mendapatkan kualifikasi diskon sebesar 5 % pada bulan Maret 2001
Total penjualan periode Januari – Maret 2001 = 220 juta
Total retur periode Januari – Maret 2001 = 35 jt
Total % retur periode Januari – Maret 2001 = 15.9 %
Jumlah diskon untuk periode Januari – Maret 2001 = 220 * 5 %
= 11 juta
0 Response to "Makalah Analisis Kinerja Sistem"
Post a Comment