Jenis-Jenis Virus Pada Komputer

.
.

Jenis-Jenis Virus Pada Komputer

 

a.Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah suatu virus yang mampu merusak system  kerja pada RAM komputer. Efek yang ditimbulkan oleh virus ini adalah komputer menjadi lambat atau lemot.Salah satu cara mengatasi virus ini dengan cara memakai antivirus,namun antivirus yang dipakai juga harus diupgrate secara terus-menerus.

b. Web Scripting Virus

Web Scripting Virus ialah sebuah program yang dipakai untuk memperindah beberapa  konten dari sebuah website,namun program ini disalah gunakan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu.
Salah satu cara mengatasi virus jenis ini bisa dengan cara memakai Microsoft tool bawaan windows dan lakukan scan secara terus-menerus.

c. Multipartite Virus

Virus ini adalah sebuah virus komputer yang isinya terdiri dari beberapa file-file yang bisa merusak sistem operasi tertentu.Virus ini biasanya ada didalam RAM dan akan merusak harddisk.Salah satu cara mengatasi ini yaitu dengan melakukan Disk Defragmenter.

d. FAT Virus

File Allocation Table kata lain dari FAT Virus ialah suatu virus  yang diciptakan untuk tujuan merusak file pada lokasi tertentu.File yang terjangkit virus ini biasanya disembunyikan agar seolah-olah file tersebut hilang.
Mengatasi virus ini dengan cara melakukan scan memakai antivirus yang sudah diupdate secara teratur.

d. Companion virus

Virus ini adalah sebuah virus komputer yang dibuat untuk merusak data pribadi.Lokasinya berada dalam hardisk.Tapi memiliki ciri ekstensi yang berbeda.Salah satu cara pencegahannya yaitu  dengan cara mendownload firewall dan install scan antivirus.

e.Polymorpic virus

Virus ini ialah sebuah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyandikan dirinya dengan cara berbeda-beda disaat menjangkit sistem. Contohnya Marburg,elken dan tuareg .
f.Directory virus
Virus ini ialah sebuah virus yang dapat merusak file dengan ekstensi exe atau juga com,kemudian memindahkannya.Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dioperasikan,maka dengan otomatis virus akan bereaksi untuk merusak sistem lainnya.Slah satu cara mengatasi virus ini bisa dengan cara melakukan format kemudian install ulang semua program dan sistem operasinya.
g. Macro virus
Macros Virus yaitu sebuah virus pada komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file makro seperti doc,Xls,Mdb,dan Pps.Virus jenis ini juga akan merusak email yang berisi dokumen.Salah satu cara mengatasi virus ini bisa dengan cara menghindari untuk membuka email yang tak dikenal,juga dengan cara menonaktifkan program makro.

h. Boot sector virus
Virus ini adalah sebuah virus komputer yang bisa merusak bagian terkecil didalam sebuah hardisk yang dikenal dengan nama sektor boot.Lokasinya tersembunyi di dalam floppy disk.Jadi,ketika sistem berjalan,dia dapat berpindah kemana saja untuk melakukan pengerusakannya.Contohnya Polyboot.B,Anti EXE.Salah satu cara ampuh untuk mengatasinya dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect atau tidak.

i. Overwrite viruses
Ini adalah salah satu virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menghapus file yang terjankgkit tanpa harus mengubah ukuran filenya tersebut.Sehingga kita bisa tidak merasa curiga atas kehadirannya.Contohnya Way, Trj.Reboot,Trivial.88.D.Hanya ada satu cara tuk mengatasinya dengan menghapus file yang terjangkit.
Direct action viruses,ini ialah salah satu virus pada komputer yang memiliki kemampuan merusak file yang jenisnya AUTOXEC BAT.Yang ada pada direktori hardisk pada komputer.Virus jenis ini akan bereaksi ketika sistem operasi diaktifkan.Virus jenis ini memiliki kemampuan untuk merusak perangkat eksternal contohnya hardisk eksternal dan flashdisk.Salah satu contohnya, Vienna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Virus Pada Komputer"