.
.
PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI
dan
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERDAGANGAN JARINGAN
ELEKTRONIK
PEMBIMBING: MERRY PARIDA, S. Kom
Mata
Kuliah: Sistem Informasi Manajemen
Penyusun
:
(
Kelompok 1)
Ø Dona Prania
Ø Kusnul Khotimah
Ø Siti Aminah
SEKOLAH TINGGI MAAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER
DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC) LAMPUNG
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah, saya panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga
saya dapat menyelesaikan tugas ini. Adapun judul penulisan makalah ini adalah “PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI dan TEKNOLOGI
INFORMASI DALAM PERDAGANGAN JARINGAN ELEKTRONIK”.
Tujuan penulisan makalah ini
dibuat sebagai tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
Ucapan terima kasih yang
sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu.
saya menyadari makalah ini masih jauh
sekali dari sempurna. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang
bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan yang akan datang.
Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat
bagi kita semua.
Kotabumi,26 Oktober 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
B. Tujuan
Masalah
C. Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengenalan
Pada Manajemen Informasi
B.
Teknologi Informasi Dalam Perdagangan
Jaringan Elektronik
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
Ø LATAR BELAKANG MASALAH
Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Managemen Informasi
System, adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi
pemanfaatan manusia, document, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen
untuk memecahkan masalah bisnis, seperti biaya produk, layanan, atau suatu
setrategis bisnis.
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno
“Menagement”, yang memiliki arti “Seni melaksanakan dan Mengatur”. Manajemen
belum memilki definisi yang mapan dan diterima secara Universal.
Ø TUJUAN
MASALAH
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi
tugas Sistem Informasi
Manajemen. Selain itu, agar
kita dapat mengetahui lebih detail Pentingnya Manajemen
Informasi Dalam Perusahaan.
Ø
SISTEMATIKA PENULISAN
BAB 1 :
Pendahuluan
·
Latar
Belakang Masalah
·
Tujuan
Masalah
·
Sistematika
Penulisan
BAB 2 :
Pembahasan
·
Pengenalan
Pada Manajemen Informasi
·
Teknologi Informasi Dalam Perdagangan
Jaringan Elektronik
BAB
3 :
Penutup
·
Kesimpulan
·
Saran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI
Manajemen
berasal dari bahasa Prancis kuno “Menagement”, yang memiliki arti “Seni
melaksanakan dan Mengatur”. Manajemen belum memilki definisi yang mapan dan
diterima secara Universa.
Menurut Mary Parker Follet,
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. definisi ini
berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain
untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin,
Mendefinisikan Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals)
secara efektif dan efisien. efektif berarti bahwa tujuan dapat di capai sesuai
dengan perencanaan, sementara efisien berati bahwa tugas yang ada dilaksanakan
secara benar, terorganisir,dan sesuai dengan jadwal.
1. Pentingnya Teknologi Informasi Dalam
Perusahaan
Pentingnya
Manajemen Informasi Dalam Perusahaan Disebabkan Karena:
a. pengaruh
ekonomi internasional
b. pesaing
dunia
c. batas
waktu yang singkat
d. kendala-kendala
social
Ø meningkatnya
kekompleksan tugas manajemen bisa dibilang akibat tuntutan pekerjaan yang terus
bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik. keberhasilan suatu
organisasi dalam mencapai tujuan sangat tergantung pada kemampuan pemimpin yang
mengelola organisasi tersebut. menejemen
sebagai suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan
sebagai seni melaksanakan sesuatu
melalui orang, jika manajemen suatu organisasi baik. maka akan meningkatkan
kemakmuran suatu Negara
Ø keberadaan
alat untuk memecahkan persoalan dalam perusaan itu sangat penting untuk
memudahkan dalam pengeerjaan pekerjaan. untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan
alat seperti komputer. gagasan untuk menggunakan komputer sebagai system
informasi manajemen merupakan suatu trobosan besar, karena menyadari bahwa para
manajemen membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
2, Peran Manajemen Dalam Pengelolaan Manajemen
Informasi
Pemimpin
harus memiliki tiga kemampuan khusus, yakni:
Ø Kemampuan
Analitis ( Analytical skills) ; yaitu kemampuan untuk menilai tingkat
pengalaman dan motivasi bawahan dalam pelaksanaan tugas.
Ø kemampuan
untuk fleksibel (Fleibelity / Adaptability skills) ; yaitu kemampuan untuk
menerapkan gaya kepemimpinan yang paling
tepat berdasarkan analisa terhadap
situasi.
Ø kemampuan
berkomunikasi ( communication skills) ; yaitu kemampuan untuk menjelaskan
kepada bawahan tenteng perubahan gaya
kepemimpinan yang diterapkan.
·
PERAN MANAJEMEN Menurut Henry Mintzberg:
a. Peran
Interpersonal ; terdiri dari:
·
Figur kepala (figur head) : manajemen
mewakili organisasi untuk kegiatan-kegiatan diluar organisasi.
·
Pemimpin (Leader) : manajer
mengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi, dan mendukung bawahan-bawahanya.
·
Penghubung (Liason) : manajer menghubungkan personal-personal di semua
tingkatan manajemen
b. Peran Informational ; peran dari manajer sebagai pusat syaraf (nerve
center) organisasi untuk menerima
informasi yang paling mutahir dan sebagai penyebar (disseminator) informasi
keseluruan personal di organisasi.
peran
informasi lainnya adalah manager sebagai juru bicara (spokesman) untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang informasi yang dimilikinya.
c. Peran
Decisional ; yang dilakukan oleh manajer adalah sebagai intreprenuer, sebagai
orang yang menangani gangguan, sebagai orang yang mengalokasikan sumber-sumber
daya organisasi, dan sebagai negosiator jika terjadi konflik di dalam
organisasi.
·
KEAHLIAN MANAJER ;
2 hal yang mendasar yang harus dimiliki seorang manejer yang sukses/ berhasil :
a) Keahlian
Komunikasi
b) Keahlian
Pemecahan masalah
3. Data dan
Informasi
Data dan informasi merupakan suatu
sumber daya yang utama secara konseptual. Data dan informasi pada umumnya
merupakan hal yang saling berbeda. Data adalah fakta dan angka dari berbagai
sumber dalam dunia nyata menyangkut entitas manusia, objek, dan kejadian yang
bisa bersifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal maupun eksternal.
Informasi adalah
data yang telah di olah sehingga punya arti bagi pemakai. pengola informasi
mengubah data menjadi informasi dan merupakan salah satu elemen kunci dalam
system konseptual.
4. Komputer
Sebagai Elemen Dalam System Informasi
Komputer adalah Elemen yang pentingdalam
System Informasi untuk mengubah data yang sudah ada menjadi informasi bagi
menejer dan pemakai informasi yang lain. dengan menggunakan computer , data
yang akan di olah menjadi lebih cepat
dan menghasilkan informasi yang akurat.
5. Evolusi
System Informasi Berbasis Komputer
1)
Fokus
awal pada data (SIA/EDP)
selama
paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuhan informasi
para menejer. pada fase ini penggunaan computer hanya terbatas pada aplikasi
akuntansi.
pengolahan
data elektronik (EDP) ; adalah nama aplikasi akuntansi berbasis computer yang
pertama muncul, kemudian berubah menjadi Data Prosesing (DP) dan Sistem
Informasi Akuntansi (SIA).
2)
Fokus
baru pada Informasi (SIM)
Tahun
1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara
penggunaan computer. konsep computer sebagai SIM di promosikan oleh pembuat computer untuk
mendukung peralatan baru tersebut.
konsep
SIM menyadari bahwa aplikasi computer harus diterapkan untuk tujuan utama
menghasilkan informasi manajemen. konsep ini segera di terima oleh perusahaan
besar.
3)
Fokus
Revisi pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem pendukung keputusan(Decision Support System)
yaitu system penghasil informasi yang di tunjukan pada suatu masalah tertentu
yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat manajer.
DSS di maksudkan untuk mendukung kerja suatu manajer secara khusus.
4)
Faktor
pada komunikasi (otomatisasi kantor)
pada waktu DSS berkembang, perhatian juga di
fokuskan pada otomatisasi kantor (office outomation/AO). AO memudahkan
komunikasi dan memudahkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja
kantor melalui penggunaan alat elektronik.
AO telah berkembang meliputi beragam aplikasi
seperti konferensi jarak jauh, voice mail, E-mail electronic calendaring,
facsimile transmission.
5)
Fokus
potensial pada konsultasi (system pakar)
computer
dapat di program untuk melaksanakan sebagai penalaran logis yang sama seperti
manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial
intelligence).
6. Upaya
Pencapaian System Informasi Berbasis Komputer
Sistem
Informasi “Berbasis Komputer” mengandung arti bahwa computer memainkan peranan
penting dalam sebuah system pembangkit informasi. dengan integrasi yang di
mliki antara subsistensinya, system informasi aka mampu menediakan informasi
yang berkualitas, tepat, cepat, dan akurat sesuai dengan manajemen yang
membutuhkanya.
system
informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataa selalu berhubungan dengan
istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis computer.
system informasi yang tepat tentunya aka
mengasilkan informasi yang cepat , akurat dan dapat di percaya. informasi yang cepat , akurat dan
dapat di percaya tersebut sangat di
perlukan dalam rangka pengambilan keputusan setrategis perusahaan untuk dapat
semakin maju dan bersaing di lingkungan.
Upaya
Pencapaian System Informasi Berbasis Komputer terdiri dari tahapan-tahapan
berikut:
Ø Perencanaan
Ø Analisis
Ø Rancangan
Ø Penerapan
Ø Penggunaan
B. TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERDAGANGAN JARINGAN ELEKTRONIK
Ø Perdagangan
Melalui Jaringan Elektronik
·
Manfaat:
ü Pelayanan
pelanggan lebih baik
ü Hubungan dengan
pemasok dan masyarakat keuangan lebih baik
ü Pengembalian
atas investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
·
Kendala:
ü Biaya
tinggi
ü Masalah keamanan
ü Perangkat lunak
yang belum mapan atau tidak tersedia
·
Jalan
Menuju Perdagangan Melalui Jalur Elektronik
ü Mengumpulkan
intelijen bisnis
ü System antarara
organisasi (IOS) di mana di dalamnya terdapat EDI
ü Membuat
metodologi yang tersedia mencakup daur hidup system dan perancangan ulang proses bisnis
ü Menggunakan
teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, nilai tambahan dan internet
Ø Strategi Perdagangan
Melalui Jaringan Elektronik
Setrategi
yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemenya dikaitkan dengann transmisi data elektronik. nama yang
berkaitan dengan setrategi ini adalah system antara organisasi (IOS). EDI
adalah subset dari IOS.
Ø Sistem Antara
Organisasi (IOS)
adalah suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehinga mereka berfungsi sebagai satu system tunggal, yang bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama.
perusahaan-perusahaan
yang membentuk IOS disebut “Mitra Dagang/ Mitra
Bisnis
Bisnis
Manfaat IOS terbagi dalam
dua kategori:
·
Efisiensi
Komparatif :
·
Efisiensi
Internal
·
Efisiensi
antara-organisasi
·
Kekuatan
Tawar Menawar
·
Keistimewaan
Produk yang unik
·
Penurunan
biaya yang berhubungan dengan pencarian
·
Peningkatan
biaya pencarian
Ø Pertukaran Data
Elektronik (EDI)
adalah transmisi data dalam bentuk
yang terstruktur dan dapat di baca mesin secara langsung dari computer ke
computer diantara beberapa perusahaan.
ü Hubungan EDI
yang Umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan
pemasoknya (supply side) dan kaita antara perusahaan denggan pelanggan
(customer side).
set
transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI
memungkinkan terjadinya pengisian kembali persediaan oleh penjualan dan
transfer dana secara elektronik.
ü Standar EDI
· ANSI X12 : Standar
yang di gunakan di Amerika Utara
· EDIFACT :
Standar Internasional
ü Tingkat
penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaanyang
berbeda,yaitu:
1.
Pemakai tingkat Satu
Hanya satu atau dua set transaksi yang di
tranmisikan kesejumblah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat Dua
Banyak
set transaksi yang di tranmisikan kesejumblah mitra dagang, melampaui indusri.
3. Pemakai tingkat Tiga
Bukan
hanya banyak set transaksi yang di tranmisikan kebanyak mitra dagang, tetapi
aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan
tingkatan Satu dan Dua adalah menggubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh
Penerapan EDI:
·
Tekanan
pesaing
·
Kekuasaan
yang dilaksanakan
·
Kebutuhan
Intern
·
Dukungan
manajemen puncak
ü Manfaat EDI
· Manfaat langsung:
Manfaat yang berasal dari teknologi
· Manfaat tidak
langsung: Manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan
Manfaat langsung dan tidak langsung:
·
Mengurangi
kesalahan
·
Mengurangi
biaya
·
Meningkatkan
efisiensi oprasional
·
Meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang
·
Meningkatkan
pelayanan pelanggan
Ø Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi:
1.
Sambungan
Langsunng (Direct Conectivity) Bekerja sama dengan Penyedia jasa
Telekomunikasi.
2.
Jaringan
bernilai tambah (value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual
yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang
diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3.
Internet
, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan
BAB
III
KESIMPULAN
Manajemen adalah seni
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. definisi ini berarti bahwa seorang
manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan
organisasi.
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran (goals) secara efektif dan efisien. efektif berarti bahwa tujuan dapat
di capai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berati bahwa tugas yang
ada dilaksanakan secara benar, terorganisir,dan sesuai dengan jadwal.
SARAN
Berbisnis antar manusia diberbagai duniamenjadi
alasan utama berkembangnya perdagangan melalui media elektronik, seperti
banyaknya shop-shop online. Melalui akses jaringan dan teknologi komputer.
Dalam melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik kita harus
memperhatikan biaya penerapan, masalah keamanan, dan kemampuan atau
ketersediaan perangkat lunak.
0 Response to "TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERDAGANGAN JARINGAN ELEKTRONIK"
Post a Comment