.
.
MAKALAH
PRINSIP
DESAIN INTERFACE
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ……………………………………………………………………… 1
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………………….. 2
BAB
I PENDAHULUAN ………………………………………………………………. 3
BAB
II
1.1
PengertianPrinsipdesaininterface …………………………………….. 3
1.2
Prinsip-Prinsipdesainantarmuka
………………………………………. 4
1.3
Mengembangkan Software Yang Baik
…………………………………. 4
1.4
MengambilKeputusanDalamDesain
………………………………….. 5
1.5
Mendesain Lay Out Model Aplikasi
………………………………………. 5
BAB
III
Kesimpulan …................................................................................ .................... 6
Saran
.................................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA
...............................................................................7
BAB
1 PENDAHULUAN
Pendahuluan
Penerapansisteminformasiberbasiskomputerseringkalitidakberhasilmencapaitujuanutamanya,
yaitumempermudahpenggunadalammenjalankantugasnya.Tidakberhasildapatberartitidakmampumemenuhikebutuhanpengguna,
baikdarisegikinerja, kemudahanataupundarisegikeamanan.Kegagalantersebutdapatterjadikarenaberbagaifaktor,
diantaranyaadalahkarenatidakadanyapanduanataustandar yang
dijadikanacuandalammengembangkanperangkatlunaksehinggapenggunamendapatkanproduk
yang sulitdigunakan.
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemudahan
penggunaan aplikasi adalah antarmuka aplikasi dengan pengguna. Adanya standar
antarmuka diharapkan dapat meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi, karena
pengguna akan terbiasa dengan antarmuka yang seragam.
Dari
tahun ketahun, tekhnologi berkembang sangat pesat, terutama dibidang
informatika. Dengan perkembangan tekhnologi tersebut , manusia semakin
dipermudah dalam pekerjaanya. Salah satu dampak dari perkembangan tersebut
adalah hubungan antara manusia dan komputer atau yang sering disebut HCI (
Human Computer Interface ).
Atas
dasar tersebutlah menjadi hal yang sangat penting bagi seorang analyst atau
perancang sebuah software pada saat akan menciptakan
sebuah software harus memperhatikan kaidah – kaidah atau
prinsip – prinsip dalam penyusunan rancangan sebuah interface
tersebut, tentunya yang User Friendly dan User
Oriented. Hal ini dikarenakan perkembangan tekhnologi dan persaingan
bisnis yang sangat pesat serta tuntutan user yang menghendaki berbagai
kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan sebuah aplikasi.
Pengertian tentang prinsip
desain antarmuka ( interface )
Interface adalahTampilandarisebuah program
Antarmuka (Interface)adalahpenghubungdansaranainteraksiantarahardware,
software danbrainware.
Antarmuka/User Interface (UI)merupakanbagiandarikomputerdanperangkatlunaknya
yang dapatdilihat, didengar, disentuh, dandiajakbicara,
baiksecaralangsungmaupundengan proses pemahamantertentu.
Interfacemerupakanperalatanatau program yang
digunakanuntukmenghubungkanduaalat yang tidaksama,
yaitudenganmengubahbentuksinyal yang
lewatantaradiaantaraduaperalatandalamsistemkomputersehinggamasing-masingdapatsalingberkomunikasi.
Diantara 4 definisidiatasDiskusiKuliahakanmencobauntukmembahasdefinisi
ke-1 sampai ke-3, karenainiakansangatpentingbagiprogrammer, engineer, system
analyst dan consultant untukmengelolahubunganantarahardware,
software danbrainware. User Interface yang baikadalah UI yang
tidakdisadari, maksudnyaadalahpadasaatuser berhadapanataumenemuisuatusistemdiamampumenjalankansistemitutanpaadanyahambatan,
sehinggadenganmudahmengetahuifungsi-fungsi yang adadalamsistemtersebut.
Sebaliknya, jikainterface darisuatusistemsulituntukdigunakanolehuser,
iniakanmengakibatkanuserfrustasiuntukmenggunakannya, yang padaakhirnya,
sistem yang
telahdibangundandilengkapidenganberbagaifungsionaltidakakanterpakai.
Tidakhanyaitu, UI yang
baikjugamemungkinkanpenggunafokuspadainformasidantasktanpaperlumengetahuimekanismeuntukmenampilkaninformasidanmelakukantask
tersebut.Usahakanusermerasabetahdalammenggunakannya.Interface yang
baikjugamerupakan media untukmengetahuikemampuansistemdankemampuanuser. BerikuthasilpenelitianterhadapsuatuInterfacedarisuatusistem
:
Penggunabekerja 20% lebihproduktifdenganlayar yang
sederhana.
Penggunalayar yang dimodifikasimenyelesaikantransaksi 25%
lebihcepatdan error berkurang 25% darisebelumnya.
Window yang didesaindenganefektifmenghemat $20,000 dalam 1
tahun.
Fungsi searching yang diperbaikidapatmeningkatkan success
rate hingga 15% danwaktupencarian 50% lebihcepat.
1.2PRINSIP-PRINSIP DESAIN
INTERMUKA ( INTERFACE )
Merefleksikan model mental user
: Merefleksikankombinasipengalamanduniariil, pengalamandari
software lain danpenggunaankomputersecaraumum.
Explicit and Implicit Action
: Explicit Actionadalahkondisi yang
jelasdalammemberikanpetunjukuntukmemanipulasisuatuobyek.
: Implicit Actionadalahkondisi yang hanyamemberikankesan visual
untukmemanipulasiobyek
Direct Manipulation
: User
mendapatkandampaknyadengansegerasetelahmelakukansuatuaksi
User Control
: mengijinkan user mengontroldanmenginisialisasiaksi
Feedback and Communication
: selalumemberitahukan user apa yang terjadidarisuatuaksi.
Consistency
: user dapatmentransferpengetahuandankemampuandarisuatuaplikasikeaplikasi
lain
WYSYWIG (What You See Is What You Get)
: tidakadaperbedaanantara yang dilihat di
layardenganhasiloutputnya.
Aesthetic Integrity
: informasidiorganisasikandenganbaikdankonsistendenganprinsipdesain
visual yang baik
MENGEMBANGKAN SOFTWARE YANG BAIK
Untukmengembangkan software yang
baikdibutuhkanbeberapafaktor yang dibutuhkan, yaitu:
High Performance –> software yang dibuatmempunyai performance yang tinggi, walaupundigunakanolehbeberapa
user.
Mudahdigunakan –>software yang dibuatmempunyaisifateasy to use (mudahdigunakan)
sehinggatidakmembutuhkan proses yang lama untukmempelajarinya.
Penampilan yang baik–> software mempunyaiantarmuka (interface) yang baik, sehingga
user tidakmerasajenuh.
Reliability –>kehandalan, sejauhmanasuatu software
dapatdiharapkanuntukmelakukanfungsinyasesuaidenganketelitian yang diperlukan.
Mampuberadaptasi –>sejauhmana software yang
dibuatmampuberadaptasidenganperubahan-perubahanteknologi yang ada.
Interoperability –>software yang dibuatharuslahmampuberinteraksidenganaplikasi
lain. Biasanyadapatdilihatdariadanyafasilitasuntukeksportdan import data
dariaplikasi lain.
Mobility –>software yang dibuatdapatberjalanpadabermacam-macamsistemoperasi.
MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM DESAIN
Dalamdesainsebuah software adabeberapahal yang
harusdiambilsebuahkeputusanjikaterjadisesuatusepertiberikut:
Aplikasisemakinmembesardanmenjadisemakinlambat
User interface padaaplikasisemakinkompleks
Waktu yang diperlukanuntukmengembangkanfiturbarumenjadilebih
lama
Dokumentasiaplikasidandokumen help menjadilebihmelebar.
Resikoadanyaefekpadafitur yang sudahada
Meningkatkanwaktu yang diperlukanuntukmemvalidasiaplikasi
MENDESAIN LAYOUT MODEL APLIKASI
Ada 3 macam model aplikasi:
BerbasisDokumen–>Aplikasiinimenghasilkansebuahdokumenberupa file-file
yang nantinyabisadibukadandirubahkembalijikaperlu. Aplikasi yang
berbasisdokumenmisalnya: Microsoft Word, Microsoft Excel, Open Office, Corel
Draw, Photoshop, dll.
Berbasis Non Dokumen –>Aplikasiinisifatnyatidakmenghasilkandokumen yang
bisadibukadandirubahkembali. Contohdariaplikasiberbasis non dokumeniniadalah:
Microsoft Outlook, MySQL, MYOB, dll
Utilitas–>Aplikasiinisifatnyaadalahuntukpenunjangsaja
(sifatnyahanyatambahan). Ada kecenderunganaplikasisepertiinimenekankan pula
pada style disampingfituraplikasi.
Contohdariaplikasiiniadalahsepertiaplikasiuntukmendengarkanmusikataumenonton
video (Winamp, Media Player, PowerDVD), aplikasiuntukanti virus (Kaspersky,
Norton, F-Secure).
BAB
3 Kesimpulan
Dari
kajian materi interaksi manusia dan komputer yang telah disusun interaksi manusia dan komputer merupakan aspek yang sangat penting
dalam penyusunan sebuah rancang desain interface dalam sebuah program. Serta
harus sesuai dengan kaidah – kaidah dan prinsip – prinsip good desain yang ada
untuk merancang sebuah interface. Dikarenakan tekhnologi pada zaman
sekarang telah memanfaatkan seluruh media. Baik berupa visual, comannd line
interface atau voice interface.
Saran
Penyusun
menyadari masih banyak kesalahan yang terjadi pada penyusunan makalah ini,
kiranya para pembaca yang baik hati berkenan memberikan saran yang membangun
demi kesempurnaan penyusunan makalah – makalah di masa mendatang dengan
materi yang lain pula, demikianlah makalah interkasi manusia dan komputer ini
kami susun untuk memenuhi salah satu syarat tugasmatakuliahini.
DAFTAR PUSTAKA
WIKIPEDIA.COM
WEB BLOG
BUKU TEKNIK INFORMATIKA
0 Response to " PRINSIP DESAIN INTERFACE"
Post a Comment