.
.
MAKALAH
PRINSIP
DESAIN INTERFACE
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ……………………………………………………………………… 1
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………………….. 2
BAB
I PENDAHULUAN ………………………………………………………………. 3
BAB
II
1.1
PengertianPrinsipdesaininterface …………………………………….. 3
1.2
Prinsip-Prinsipdesainantarmuka
………………………………………. 4
1.3
Mengembangkan Software Yang Baik
…………………………………. 4
1.4
MengambilKeputusanDalamDesain
………………………………….. 5
1.5
Mendesain Lay Out Model Aplikasi
………………………………………. 5
BAB
III
Kesimpulan …................................................................................ .................... 6
Saran
.................................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA
...............................................................................7
BAB
1 PENDAHULUAN
1. Pendahuluan
Penerapansisteminformasiberbasiskomputerseringkalitidakberhasilmencapaitujuanutamanya,
yaitumempermudahpenggunadalammenjalankantugasnya.Tidakberhasildapatberartitidakmampumemenuhikebutuhanpengguna,
baikdarisegikinerja, kemudahanataupundarisegikeamanan.Kegagalantersebutdapatterjadikarenaberbagaifaktor,
diantaranyaadalahkarenatidakadanyapanduanataustandar yang
dijadikanacuandalammengembangkanperangkatlunaksehinggapenggunamendapatkanproduk
yang sulitdigunakan.
Salah satu aspek yang perlu
diperhatikan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi adalah antarmuka
aplikasi dengan pengguna. Adanya standar antarmuka diharapkan dapat
meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi, karena pengguna akan terbiasa
dengan antarmuka yang seragam.
Dari tahun ketahun, tekhnologi berkembang sangat pesat,
terutama dibidang informatika. Dengan perkembangan tekhnologi tersebut ,
manusia semakin dipermudah dalam pekerjaanya. Salah satu dampak dari
perkembangan tersebut adalah hubungan antara manusia dan komputer atau yang
sering disebut HCI ( Human Computer Interface ).
Atas dasar tersebutlah menjadi hal yang sangat penting
bagi seorang analyst atau perancang sebuah software pada saat
akan menciptakan sebuah software harus memperhatikan kaidah –
kaidah atau prinsip – prinsip dalam penyusunan rancangan sebuah
interface tersebut, tentunya yang User Friendly dan User
Oriented. Hal ini dikarenakan perkembangan tekhnologi dan persaingan
bisnis yang sangat pesat serta tuntutan user yang menghendaki berbagai
kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan sebuah aplikasi.
1.1
Pengertian tentang prinsip desain antarmuka ( interface )
- Interface adalahTampilandarisebuah program
- Antarmuka (Interface)adalahpenghubungdansaranainteraksiantarahardware, software danbrainware.
- Antarmuka/User Interface (UI)merupakanbagiandarikomputerdanperangkatlunaknya yang dapatdilihat, didengar, disentuh, dandiajakbicara, baiksecaralangsungmaupundengan proses pemahamantertentu.
- Interfacemerupakanperalatanatau program yang digunakanuntukmenghubungkanduaalat yang tidaksama, yaitudenganmengubahbentuksinyal yang lewatantaradiaantaraduaperalatandalamsistemkomputersehinggamasing-masingdapatsalingberkomunikasi.
Diantara 4
definisidiatasDiskusiKuliahakanmencobauntukmembahasdefinisi ke-1 sampai ke-3,
karenainiakansangatpentingbagiprogrammer, engineer, system analyst dan consultant
untukmengelolahubunganantarahardware, software danbrainware. User
Interface yang baikadalah UI yang tidakdisadari, maksudnyaadalahpadasaatuser
berhadapanataumenemuisuatusistemdiamampumenjalankansistemitutanpaadanyahambatan,
sehinggadenganmudahmengetahuifungsi-fungsi yang adadalamsistemtersebut.
Sebaliknya, jikainterface darisuatusistemsulituntukdigunakanolehuser,
iniakanmengakibatkanuserfrustasiuntukmenggunakannya, yang padaakhirnya,
sistem yang
telahdibangundandilengkapidenganberbagaifungsionaltidakakanterpakai.
Tidakhanyaitu,
UI yang baikjugamemungkinkanpenggunafokuspadainformasidantasktanpaperlumengetahuimekanismeuntukmenampilkaninformasidanmelakukantask
tersebut.Usahakanusermerasabetahdalammenggunakannya.Interface yang
baikjugamerupakan media untukmengetahuikemampuansistemdankemampuanuser. BerikuthasilpenelitianterhadapsuatuInterfacedarisuatusistem
:
a)
Penggunabekerja
20% lebihproduktifdenganlayar yang sederhana.
b)
Penggunalayar
yang dimodifikasimenyelesaikantransaksi 25% lebihcepatdan error berkurang 25%
darisebelumnya.
c)
Window
yang didesaindenganefektifmenghemat $20,000 dalam 1 tahun.
d)
Fungsi
searching yang diperbaikidapatmeningkatkan success rate hingga 15%
danwaktupencarian 50% lebihcepat.
1.2PRINSIP-PRINSIP
DESAIN INTERMUKA ( INTERFACE )
Merefleksikan
model mental user
·
:
Merefleksikankombinasipengalamanduniariil, pengalamandari software lain danpenggunaankomputersecaraumum.
*
Explicit and Implicit Action
·
:
Explicit Actionadalahkondisi
yang jelasdalammemberikanpetunjukuntukmemanipulasisuatuobyek.
·
:
Implicit Actionadalahkondisi
yang hanyamemberikankesan visual untukmemanipulasiobyek
*
Direct Manipulation
·
:
User mendapatkandampaknyadengansegerasetelahmelakukansuatuaksi
*
User Control
·
:
mengijinkan user mengontroldanmenginisialisasiaksi
*
Feedback and Communication
·
:
selalumemberitahukan user apa yang terjadidarisuatuaksi.
*
Consistency
·
:
user dapatmentransferpengetahuandankemampuandarisuatuaplikasikeaplikasi lain
*
WYSYWIG (What You See Is What You Get)
·
:
tidakadaperbedaanantara yang dilihat di layardenganhasiloutputnya.
*
Aesthetic Integrity
·
:
informasidiorganisasikandenganbaikdankonsistendenganprinsipdesain visual yang
baik
1.3 MENGEMBANGKAN
SOFTWARE YANG BAIK
Untukmengembangkan software yang
baikdibutuhkanbeberapafaktor yang dibutuhkan, yaitu:
v High Performance –> software yang dibuatmempunyai
performance yang tinggi, walaupundigunakanolehbeberapa user.
v Mudahdigunakan –>software yang dibuatmempunyaisifateasy
to use (mudahdigunakan) sehinggatidakmembutuhkan proses yang lama
untukmempelajarinya.
v Penampilan yang baik–> software mempunyaiantarmuka (interface)
yang baik, sehingga user tidakmerasajenuh.
v Reliability –>kehandalan, sejauhmanasuatu software
dapatdiharapkanuntukmelakukanfungsinyasesuaidenganketelitian yang diperlukan.
v Mampuberadaptasi –>sejauhmana software yang
dibuatmampuberadaptasidenganperubahan-perubahanteknologi yang ada.
v Interoperability –>software yang
dibuatharuslahmampuberinteraksidenganaplikasi lain.
Biasanyadapatdilihatdariadanyafasilitasuntukeksportdan import data dariaplikasi
lain.
v Mobility –>software yang dibuatdapatberjalanpadabermacam-macamsistemoperasi.
1.4
MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM DESAIN
Dalamdesainsebuah
software adabeberapahal yang
harusdiambilsebuahkeputusanjikaterjadisesuatusepertiberikut:
Ø Aplikasisemakinmembesardanmenjadisemakinlambat
Ø User interface
padaaplikasisemakinkompleks
Ø Waktu yang
diperlukanuntukmengembangkanfiturbarumenjadilebih lama
Ø Dokumentasiaplikasidandokumen help
menjadilebihmelebar.
Ø Resikoadanyaefekpadafitur yang
sudahada
Ø Meningkatkanwaktu yang
diperlukanuntukmemvalidasiaplikasi
1.5 MENDESAIN
LAYOUT MODEL APLIKASI
Ada 3 macam model aplikasi:
v BerbasisDokumen–>Aplikasiinimenghasilkansebuahdokumenberupa
file-file yang nantinyabisadibukadandirubahkembalijikaperlu. Aplikasi yang
berbasisdokumenmisalnya: Microsoft Word, Microsoft Excel, Open Office, Corel
Draw, Photoshop, dll.
v Berbasis Non Dokumen
–>Aplikasiinisifatnyatidakmenghasilkandokumen yang
bisadibukadandirubahkembali. Contohdariaplikasiberbasis non dokumeniniadalah:
Microsoft Outlook, MySQL, MYOB, dll
v Utilitas–>Aplikasiinisifatnyaadalahuntukpenunjangsaja
(sifatnyahanyatambahan). Ada kecenderunganaplikasisepertiinimenekankan pula
pada style disampingfituraplikasi.
Contohdariaplikasiiniadalahsepertiaplikasiuntukmendengarkanmusikataumenonton
video (Winamp, Media Player, PowerDVD), aplikasiuntukanti virus (Kaspersky,
Norton, F-Secure).
BAB 3 Kesimpulan
Dari kajian materi interaksi manusia dan komputer yang
telah disusun interaksi
manusia dan komputer merupakan aspek yang sangat penting dalam penyusunan
sebuah rancang desain interface dalam sebuah program. Serta harus sesuai dengan
kaidah – kaidah dan prinsip – prinsip good desain yang ada untuk merancang
sebuah interface. Dikarenakan tekhnologi pada zaman sekarang telah
memanfaatkan seluruh media. Baik berupa visual, comannd line interface atau
voice interface.
Saran
Penyusun menyadari masih banyak kesalahan yang terjadi
pada penyusunan makalah ini, kiranya para pembaca yang baik hati berkenan
memberikan saran yang membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah –
makalah di masa mendatang dengan materi yang lain pula, demikianlah makalah
interkasi manusia dan komputer ini kami susun untuk memenuhi salah satu syarat tugasmatakuliahini.
DAFTAR PUSTAKA
1 Response to "MAKALAH PRINSIP DESAIN INTERFACE "
oke min
Lampu servis hp led
Post a Comment