.
.
MAKALAH
Macam Perkembangan Teknologi
Tercanggih Terkini
D
I
S
U
S
U
N
Di Susun oleh : Tio Juanta
Npm: : 15410075
Jurusan : MAnajemen Informatika
Universitas Muhammadiyah Metro
2015-2016
Kata Pengantar
PujidanSyukurpenulispanjatkankehadirat
Allah SWT atasrahmatdankarunia-Nya, penulisdapatmenyelesaikan Makalah yang Macam Perkembangan Teknologi Tercanggih
dan Terkini
Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang secara langsung dan tidak langsung yang telah
membantu menyelesaikan makalah ini.Semoga Allah SWT memberikan balasan yang
berlipat ganda atas segala bantuan yang telah diberikan.
Penulis
menyadaribahwa dalam penulisan inimasih banyakkekurangan dankesalahan.Hal ini karena
keterbatasan kemampuan penulissendiri.Olehkarenaitu, penulis mengharapkan saran
dan kritik yang sifatnya membangun demi kebaikan untuk kedepannya darisemuapihakkhusunyapembaca.
Harapanpenulis,
semoga makalah ini bisa bermanfaatbagiparapembaca.
Lampung,
Desember 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………….i
KATA PENGANTAR……..……………………………………………………….… ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………….. iii
Bab
I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang………………………………………………….…………… 4
1.2.
Rumusan Masalah………………………………………….………………... 4
1.3.
Tujuan …………………………….………………………………………… 4
1.4.
Manfaat …………………………….……………………………………….. 5
Bab II PEMBAHASAN
2.1.
Perkembangan
Teknologi Terkini dan Tercanggih di Dunia…………...….... 6
Bab III PEMBAHASAN
3.1.
Kesimpulan dan Saran.....................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
Kita tahu bahwa di zaman sekarang ini teknologi bukan lagi sebagai bahan
yang sulit atau jarang di jumpai.Dimana- mana kita dapat menemui jenis
perkembangn teknologi.Semua hal saat ini telah bergantung pada teknologi
canggih.Kali ini pemakalah akan membahas tentang bagaimana perkembangan teknologi di dunia.
Para pemuda zaman sekarang memang di
tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Para pemuda-pemudi zaman
sekarang dipersiapkan untuk memahami teknologi zaman sekarang, memahami di sini
berarti mengerti dan mengikuti perkembangan teknologi secara sehat.Karena
seiring zaman yang maju, kemajuna itu membawa dampak baik dan buruk bagi
kepribadian masayarakat secara khusus dan Negara atau bangsa secara umum.
Dengan alasan tersebut kita sebagai penerus bangsa perlu kiranya menambah
pengetahuan kita tentang perkembangan teknologi agar kita tidak ketinggalan
dalam hal wawasan teknologi.Dengan pemahaman ini kiranya nanti penulis berharap
kita dapat menerapkan teknologi tersebut kedalam aplikasi social.
1.2
RumusanMasalah
Untukmemudahkanpenulisdalammenyusun Makalah ini.Penulismenyusunpembahasan
yang mencakupRumusanMasalahsebagaiberikut:
1.
Macam Perkembangan Teknologi Tercanggih dan Terkini di
Dunia!
1.3
Tujuan
1.
Untuk dapat
mengetahui manfaat perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi
kehidupan manusia.
2.
Untuk dapat
mengetahui Peran IPTEK bagi kehidupan manusia.
1.4
Manfaat
Adapunmanfaatyaitu:
1.
Untukmenambahwawasandanpengetahuan
perkembanganIlmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
2.
Dapatmenambahmengembangkandaya
kreativitas siswa dalam pembuatan Makalah.
BAB II
PEMBAHASAN
3.1.
Perkembangan Teknologi Tercanggih dan Terkini di dunia
3.1.1.
Quantum Teleportation
Sejak roda
ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu, orang telah menemukan cara baru
untuk melakukan perjalanan lebih cepat dari satu titik ke titik lain.
Kereta, sepeda, mobil, pesawat dan rocket semuanya telah diciptakan untuk
mengurangi jumlah waktu yang kita habiskan sampai ke tujuan yang kita inginkan.
Namun masing-masing bentuk transportasi berbagi cacat yang sama: Mereka
membutuhkan kita untuk melintasi jarak fisik, yang bisa berlangsung dari menit
ke berjam-jam tergantung pada titik awal dan akhir.
Tapi bagaimana
jika ada cara untuk mendapatkan Anda dari rumah ke supermarket tanpa harus
menggunakan mobil Anda, atau dari halaman belakang Anda ke Stasiun Luar Angkasa
Internasional tanpa harus menggunakan pesawat luar angkasa? Ada ilmuwan yang
bekerja sekarang di suatu metode perjalanan, menggabungkan sifat-sifat
telekomunikasi dan transportasi untuk mencapai suatu sistem yang disebut
teleportasi. Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang percobaan yang telah
benar-benar dicapai teleportasi dengan foton, dan bagaimana kita mungkin dapat
menggunakan teleportasi untuk perjalanan di mana saja, kapan saja.
Teleportasi
melibatkan dematerialisasi suatu objek pada satu titik, dan mengirim detail
konfigurasi atom yang tepat objek ke lokasi lain, di mana ia akan
direkonstruksi. Apa artinya ini adalah bahwa waktu dan ruang bisa dihilangkan
dari perjalanan - kita bisa diangkut ke lokasi manapun langsung, tanpa
melintasi jarak fisik. Banyak dari kita diperkenalkan dengan ide teleportasi,
dan teknologi futuristik lainnya, oleh seri singkat televisi Star Trek
(1966-1969) berdasarkan cerita yang ditulis oleh Gene Roddenberry. Pemirsa
menyaksikan dengan takjub sebagai Kapten Kirk, Spock, Dr McCoy dan lainnya
berseri-seri ke planet yang mereka temui di perjalanan mereka melalui alam
semesta.
Gagasan
teleportasi pindah dari ranah fiksi ilmiah dan ke dunia kemungkinan teoretis.
Saat itulah fisikawan Charles Bennett dan tim peneliti di IBM menegaskan bahwa
teleportasi kuantum adalah mungkin, tapi hanya jika objek asli yang teleport
hancur. Ini wahyu, pertama kali diumumkan oleh Bennett pada pertemuan tahunan
American Physical Society di Maret 1993, diikuti oleh laporan temuannya dalam
edisi 1.993 29 Maret Physical Review Letters. Sejak saat itu, eksperimen
menggunakan foton telah membuktikan bahwa teleportasi kuantum sebenarnya
mungkin.
Q-Teleportation
telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan. “Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama
kalinya di luar laboratorium universitas,” kata Rupert Ursin, peneliti
Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria. Pada
Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena
itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara
keseluruhan fisik. Alat ini “menciptakan” replika benda sebelumnya pada posisi
di tempat lain dan benda sebelumnya akan “menghilang” selama replikanya
diciptakan.
3.1.2. Hybrid
Insect MEMS (HI-MEMS)
HI-MEMS terdiri dari setengah serangga,
dan setengan mesin.Pertama, sistem mikro-mekanis ditempatkan di dalam serangga
selama masa metamorfosis.Serangga ini beroperasi seperti mobil remote control.
HI-MEMS akan digunakan untuk mengumpulkan informasi menggunakan sensor, seperti
mikrofon atau detektor gas. Debut senjata ini belum diketahui.
3.1.3
Virtual Googles
Kemajuan teknologi saat ini lebih
memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.Mulai dari penemuan
telepon sampai 3G yang saat ini banyak digunakan masyarakat untuk
lebihmendapatkan kepuasan berkomunikasi dengan orang lain secara jarak
jauh.Virtual goggles atau virtual reality adalah dua hal yang sama yaitu sebuah
alat canggih yang sedangBerkembang saat ini dalam bidang teknologi, dan
komunikasi sangat berjalan dengan pesatnya,gambaran-gambaran yang sering
diperlihatkan di film-film Hollywood tidak lagi hanya menjadi sebuahimpian
belaka atau hanya sekedar ilusi. Salah satunya yang sedang dilakukan penelitian
danperkembangan adalah project Virtual goggles atau virtual reality.
VR ini
memberikan realitas buatan yang membawa manusia pada area 3D buatan komputer.
Sistemvirtual reality (virtual goggles) ini menggunakan stereoscopic goggles
(kaca mata) yang menyediakangambar 3D dan perangkat elektronik lain
berbasis sensor dipasang pada badan untuk memberikan efekseolah-olah pemain
bisa memegang objek-objek yang tampak pada kaca mata 3D.
Virtual goggles adalah lingkungan buatan yang dibuat dengan hardware
dan software komputer danhadirkan kepada pengguna sedemikian rupa tampak
seperti nyata. Untuk memasuki virtual goggles,pengguna mengenakan sarung tangan
khusus, earphone, dan kacamata khusus untuk berhubungandengan sistem
komputer.Istilah virtual reality kadang digunakan lebih umum untuk menyebut
dunia virtual yangdirepresentasikan dalam komputer, meskipun hanya berbasis
representasi teks dan grafik. Sarung tangan dan body wrap yang
dikendalikan komputer dapat menstimulasi rasa sentuhan padatubuh manusia seolah
mereka saling bersentuhan.
Pada VR
berbasis simulasi contohnya adalah simulasi berkendaraan.Simulator terdiri dari
beberapasistem yaitu visual jalan raya lengkap dengan tanjakan, lobang jalan
dan lampu lalu lintas.Kendaliperangkat yang sangat mirip dengan mobil nyata,
serta sensor-sensor penunjang. Pendek kata, orangyang mengendarai mobil
simulasi akan merasakan kondisi yang sama persis ketika di jalan raya
yangsebenarnya. Termasuk jika dia melewati jalan berlobang akan juga merasakan
goncangan.3-D Holographic Displays
3.1.4
3-D Holographic
displays
ZCam™
merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek
(yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi
oleh 3DV Systems.Teknologi ini berbasiskan prinsip “Time of Flight”. Pada
teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra
merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh
permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang
ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat
kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D
dari semua objek pada scene.
Dalam campuran mengesankan visual ilmu dan sci-fi, ICT Graphics Lab di USC
telah menciptakan volumetrik murah layar 3-D yang membawa hologram setiap anak
mimpi mendekati kenyataan.Proses ini tidak sederhana namun dapat didefinisikan
melalui beberapa konsep kunci: cermin berputar, kecepatan tinggi DLP Proyeksi,
dan matematika yang sangat tepat yang angka keluar perspektif aksial yang benar
diperlukan untuk gambar 360 derajat (bahkan mempertimbangkan posisi penampil .)
Perusahaan yang
berbeda telah berusaha untuk menciptakan teknologi 3-D yang layak selama
bertahun-tahun, tetapi telah menemukan beberapa hambatan dalam cara mereka: melihat
daerah kecil, biaya tinggi dan pemirsa memutuskan dengan ilusi optik kabur.
Upaya terbaru telah termasuk menampilkan Helio yang menciptakan 2-D proyeksi
menjadi mengambang 3-D ilusi, serta Holodust Jeff Han, yang melibatkan partikel
'pencahayaan up' laser inframerah dalam ruang.
Namun proyek USC berbeda dan cara yang lebih realistis. Ketika
memproyeksikan frame video ke dalam cermin berputar cepat, dekat dengan 5.000
gambar individu tercermin setiap detik dalam luas permukaan dan datang
bersama-sama untuk menciptakan real-ruang tiga-dimensi objek.Karena gambar
diproyeksikan dari cermin melompat keluar "terhadap sudut pandang beberapa
di ruang angkasa," menciptakan tim USC formula yang membuat proyeksi
individu pada ketinggian yang berbeda dan jejak setiap balok diproyeksikan
kembali ke area layar untuk menemukan posisi yang benar dari penampil.
Sistem ini juga update sendiri secara real time (di 200Hz), menyesuaikan
diri dengan ketinggian dan jarak dari penampil, menghasilkan gambar yang akan
"tetap di tempat," (atau lebih tepatnya, bahwa "menyesuaikan
perspektif diproyeksikan.").Dengan cara ini, setiap orang di ruangan akan dapat memiliki POV benar dari
gambar hologram, seperti yang para pejuang TIE pada gambar di atas. Hal ini
juga memungkinkan untuk oklusi gambar yang benar serta shading gambar yang
sesuai yang diperlukan untuk setiap item.Lebih penting lagi, memungkinkan
melihat simultan - tidak ada yang akan perlu menggunakan norak, kacamata tidak
nyaman untuk melihat mereka pertempuran di udara pertengahan.
Pada akhirnya, ini terobosan dalam 3-D hologram merupakan dorongan kunci
menuju kesimpulan yang tak terelakkan teknologi ini.Ini hanya masalah waktu
sebelum kita sendiri Putri Leias memberitahu kami kami satu-satunya harapan
mereka.Ini adalah ZCamTM ( 3D Holographic Displays ), sebuah kamera video yang
dapat menangkap informasi mendalam, digunakan untuk membangun model 3D (3
dimensi) bersama dengan video, dan diproduksi oleh 3DV Sistem.
3.1.5
Kamuflase Masa
Depan Metaflex
Metaflex Future
Camouflage, Ilmuwan Skotlandia mengembangkan kamuflase dengan menciptakan
materi yang disebut Metaflex. Materi ini seperti jubah menghilang Harry
Potter.Pemakai akan menjadi tak tampak karena materi Metaflex membengkokkan
cahaya ketika sampai di permukaannya. Jubah hilang ini diuji tahun ini dan
berpotensi dapat digunakan sebagai senjata pertahanan.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 KESIMPULAN
Kemajuan teknologi
adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena
kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia
tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan
berbagai efek negatif bagi manusia.
3.2 Saran
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi
akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat
peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi
oleh pengguna teknologi.
Pergunakanlah teknologi dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat
dan merusak moral anak bangsa.
perkembangan teknologi masakini
teknologi tercanggih masakini
teknologi terhebat masa kini
daftar pustaka silahkan kopi paste link blog ini
0 Response to "Macam Perkembangan Teknologi Tercanggih Terkini"
Post a Comment