Perkembangan Virus Komputer

.
.

 

 

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul Perkembangan Virus Komputer.  Makalah ini berisi tentang berbagai pengetahuan tentang perkembangan virusdan komputer.
Dalam pembuatan makalah ini, kami banyak mendapatkan bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua  pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini.
Penyusunan makalah ini belum mencapai tingkat kesempurnaan baik materi maupun teknik penulisan. Oleh karena itu, kritik serta saran dari para pembaca yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca guna menambah wawasan kita mengenai perkembangan virus komputer.






Kotabumi,       Maret 2017



Tim Penyusun
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar belakang 1
1.2 Perumusan masalah 2
1.3 Tujuan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
           2.1 Pengertian virus komputer 3
           2.2 Sejarah perkembangan virus komputer 3
           2.3 Tujuan diciptakan nya virus komputer 5
           2.4 Macam-macam virus komputer 7
           2.5 Cara penyebaran virus pada komputer 10
           2.6 Ciri-ciri komputer yang di serang virus 12
           2.7 Cara mengatasi komputer yang terkena virus 15
           2.8 Dampak virus komputer 17
BAB III PENUTUP 18
           3.1 Kesimpulan 18           3.2 Saran 18
DAFTAR PUSTAKA 19
          



BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan pada era globalisasi ini. Hampir segala bidang kehidupan tak terlepas dari peran TIK ini. Informasi yang ada di dunia ini dapat kita ketahui hanya dalam hitungan detik dengan memanfaatkan perkembangan TIK. Salah satu yang paling berkembang yaitu komputer, dimana hampir segala bidang kehidupan menggunakan teknologi komputerisasi. Perkembangan bidang TIK saat ini pun memungkinkan segala bidang kehidupan manusia bisa semakin ringan dikerjakan dengan bantuan dari komputer.

Perkembangan komputer mulai berjalan pesat ketika mulai ditemukannya suatu komponen yang bisa menyatukan beberapa ratus bahkan jutaan komponen dalam satu komponen yaitu Integrated Circuit. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi tak hanya hal positif yang berkembang, selalu ada hal negatif yang menyertaimya. Salah satu hal negatif tersebut adalah hadirnya virus yang menghambat kerja serta cukup merepotkan sehingga menggangu efisiensi dan efektifitas dari produktifitas kerja banyak orang.

Perkembangan virus memang sangat meresahkan para pengguna komputer, karena tak hanya membuat komputer menjadi lambat saat dalam melakukan pekerjaannya tetapi juga dapat mengakibatkan terancamnya data-data yang ada di komputer kita.
Oleh karena perkembangan virus komputer ini telah menjadi hal yang ramai diperbincangkan, maka kami membuat makalah mengenai perkembangan virus ini.


1.2       Perumusan Masalah
1.       Apa yang dimaksud virus komputer?
2.       Bagaimana sejarah perkembangan virus komputer?
3.       Apa tujuan diciptakan nya virus komputer?
4.       Apa saja macam-macam virus komputer?
5.       Bagaimana penyebaran virus pada komputer?
6.       Bagaimana ciri-ciri komputer yang terserang virus?
7.       Bagaimana cara mengatasi komputer yang terkena virus?
8.       Apa saja dampak dari virus komputer?


1.3       Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah
1.       Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan komputer.
2.       Untuk mengetahui sejarah perkembangan virus komputer.
3.       Untuk mengetahui tujuan di ciptakan nya virus komputer.
4.       Untuk mengetahui macam-macam virus komputer.
5.       Untuk mengetahui bagaimana penyebaran virus pada komputer.
6.       Untuk mengetahui ciri-ciri komputer yang terserang virus.
7.       Untuk mengetahui cara mengatasi komputer yang terkena virus.
8.       Mengetahui apa saja dampak dari virus komputer.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1            Pengertian virus komputer
Virus Komputer merupakan program atau aplikasi yang bisa menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program serta data lainnya . Umumnya  pengguna  tidak tau jika komputer  milikinya terjangkit  virus hingga salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer milik nya tidak bisa di jalankan.
Virus komputer biasanya di buat dengan tujuan yang tidak baik , virus komputer memiliki Efek negatif  seperti memperbanyak dirinya sendiri sampai kapasitas memori menjadi kecil, hal ini lah yang menyebabkan komputer menjadi sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program sehingga membuat program/file tersebut tidak dapat di gunakan, serta dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus bisa merusak hardware pada komputer.

2.2            Sejarah perkembangan virus komputer
Awal ditemukannya istilah virus dalam dunia komputer adalah pada tahun 1949 bermula dari salah seorang yang ahli di bidang komputer, John Von Neumann dengan teori self altering automata. Hal inilah yang di jadikan inspirasi oleh para programmer di Lab BELL (AT&T) pada tahun 1960 dengan mencoba membuat suatu jenis program permainan yang dapat memperbanyak dirinya serta menghancurkan semua program buatan lawannya. Program yang dapat bertahan serta juga menghancurkan semua program lain, maka itulah yang akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini menjadi jenis game yang favorit di setiap laboratorium komputer. Namun, semakin lama program ini semakin berbahaya di karenakan bisa menghapus program yang tidak saja terlibat dalam permainan tersebut,  tetapi juga pada program lain yang berguna.

Istilah virus komputer mulai dikenalkan oleh salah seorang peneliti Asisten Professor di Universitas Cincinati, Ohio (Amerika Serikat), Fred Cohen pada tahun 1984 di dalam makalah milik nya yang berjudul Computer Viruses-Theory and Experiments yang kemudian disambut baik oleh peserta. Cohen menjelaskan virus komputer serta menggambarkan eksperimen yang dilakukannya untuk membuktikan eksistensi virus komputer dalam menyusun serta untuk meraih gelar Ph.D.

Berdasarkan metode penyebaran virus komputer serta cara melakukan infeksi pada organisasi lain yang serupa dengan virus di istilah kesehatan maka ini akan menjadi pembicaraan yang serius. Kemudian dalam waktu dekatmulai bermunculan pemrograman lain yang membuat program sejenis dengan variasi dan cara penyerangan yang berbeda.

Dalam Sejarahnya, awal mula kemunculan virus tidak memiliki tujuan untuk merugikan orang lain. Akan tetapi, perkembangan selanjutnya virus dijadikan sebagai langkah untuk membalas dendam kepada sistem atau kelompok pengguna komputer tertentu, hanya sekedar bercanda untuk mengganggu sistem orang lain, eksperimen untuk mengetahui apakah virus bekerja dengan baik atau tidak. Penggunaan virus yang awalnya hanya dijadikan permainan (game), malah di pakai untuk merugikan orang lain dengan merusak sistemnya.




2.3            Tujuan di ciptakan nya virus komputer
1.      Ekspresi Kekecewaan (Marah) : Contoh nya seorang programmer yang kecewa kepada perusahaan tempat ia pernah bekerja. Tentunya dia akan membuat virus yang bisa  membuat hancur seluruh system didalam perusahaan tempat ia pernah bekerja.

2.      Hobby : senang melihat orang lain menderita salah satu prilaku seorang programer. Dia akan merasa puas apabila hasil ciptaan virus miliknya dapat merusak banyak komputer milik orang lain.

3.      Spionase : Biasanya tujuan pembuatan virus seperti ini adalah untuk kegiatan intelligence untuk mendapatkan informasi dari orang yang sebelumnya sudah ditargetkan. Spionase maksutnya pengumpulan informasi dari device korban virus untuk mencuri identitas serta merekam segala aktifitas si device korban yang sudah di targetkan.

4.      Perkumpulan Online (Gang Online) : adalah sekumpulan orang iseng yang saling berkompetisi untuk membuat virus dengan kumpulan yang lain agar mendapatkan predikat terbaik.

5.      Naluri (Iseng) : maksudnya orang yang mebuat virus karena dia tertarik pada suatu tantangan. Misal nya, seseorang yang  ingin mengetahui seberapa kuat sistem security PT Maju Jaya. Maka orang ini akan membuat virus yang dapat membuat crash system sekurity perusahaan itu. Umum nya orang ini akan langsung memberi tahu kelemahan sistem ke dept IT perusahaan yang diisenginnya tersebut untuk berbagi pengalaman.

6.      Perintah dengan upah : Biasanya orang ini akan menjalan kan perintah dari si pemberi perintah agar membuat lawan usaha nya mundur. Maka dia akan mendapatkan imbalan dari kerja nya dalam melakukan spam, DDOS terhadap sistem lawan usaha si pemberi perintah.


7.      Politik : Biasanya mereka membuat virus yang bertujuan untuk menyuarakan aspirasi mereka didunia perpolitikan.

8.      Tindakan Pemerasan : Maksud nya orang ini akan meminta imbalan agar sistem yang di serang nya dapat klembali seperti biasanya dan tidak terkena virus lagi misal nya virus Vundo/Antivirus2009/Antivirus360 yang memberi pesan "You're Infected ! Give us sixty bucks and we'll fix it".

9.      Ekspresi intelektual : Misalnya perusahaan Antivirus yang mengklaim bahwa product nya adalah yang paling hebat bisa membasmi segala jenis virus komputer, pastinya akan ada orang yang ingin membuktikan pada dunia bahwa dia adalah satu-satunya orang yang dapat membuat virus tanpa terdeteksi oleh Antivirus tersebut.

10.  Sabotase : Seseorang programmer akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk menjatuhkan sistem dan kredibilitas orang lain yang dia anggap sebagai saingan nya. Praktek  ini termasuk dalam tindakan kriminal.


2.4           Macam-macam Virus Komputer
1.      Trojan : Trojan merupakan virus komputer yang dibuat bertujuan untuk mengendalikan serta mencuri data pada komputer. Trojan umumnya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan yaitu email maupun data pribadi yang tidak di beri password. Dalam Mengatasi virus trojan yaitu dengan menggunakan Trojan Remover atau Trojan Hunter

2.       Worm : Worm merupakan virus komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri. Hal yang paling berbahaya dari worm yaitu dia dapat melipat gandakan dirinya sendiri dengan cara yang sangat cepat sehingga jika komputer terkena virus worm dalam kurun  waktu yang cukup lama maka worm akan dapat  memenuhi kapasitas dari harddisk serta membuat memori menjadi penuh. Cara mengatasi virus jenis ini yaitu dengan menggunakan antivirus biasa, atau menggunakan antivirus versi pro jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal

3.      Memory Resident Virus : Memory Resident Virus adalah sebuah virus yang bisa menginfeksi RAM komputer. Akibat yang ditimbulkan dari virus jenis ini yaitu komputer akan menjadi lemot. Cara mengatasi nya yaitu dengan menggunakan antivirus, namun antivirus yang digunakanpun  harus di update secara berkala.

4.      Web Scripting Virus : Web Scripting Virus yaitu sebuah program yang di pakai untuk mempercantik konten dari sebuah website, namun program ini digunakan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu. Cara mengatasi virus jenis ini bisa menggunakan Microsoft tool bawaan windows serta  melakukan scan secara teratur.


5.      Multipartite Virus : Multipartite Virus merupakan virus komputer yang berupa  file-file yang menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus jenis ini umum nya bersembunyi pada RAM serta akan menginfeksi dari harddisk. Cara mengatasi nya adalah dengan melakukan Disk Defragmenter.

6.      FAT Virus : FAT Virus atau File Allocation Table Virus merupakan virus komputer yang dibuat bertujuan untuk merusak file di lokasi tertentu. File yang terkena virus ini umumnya akan disembunyikan seakan-akan  file tersebut hilang. Cara mengatasi nya yaitu  dengan melakukan scan menggunakan antivirus yang sudah diupdate secara berkala.

7.       Companion virus : Companion virus merupakan virus komputer yang ciptakan untuk mengganggu data pribadi. Letak nya berada di dalam hardisk. Namun memiliki ciri ekstensi yang berbeda. Cara Pencegahan nya yaitu dengan  menginstall scan antivirus dan juga download firewall.

8.       Polymorpic virus : Polymorpic virus merupakan virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Misalnya  Marburg, tuareg dan elken. Cara pencegahan nya yaitu dengan menginstall antivirus high end.

9.       Directory virus : Directory virus merupakan  virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkan nya. Sehingga saat file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi menginfeksi sistem yang lain.
Cara mengatasi virus ini adalah melakukan format dan install ulang semua program dan sistem operasi.

10.   Macro virus : Macros Virus merupakan virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Virus jenis ini juga akan menginfeksi email yang berisi dokumen.  Cara mengatasi nya yaitu dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal serta menonaktifkan program makro.

11.  Boot sector virus : Boot sector virus merupakan virus komputer yang bisa menginfeksi bagian terkecil di dalam sebuah hardisk yang disebut sektor boot.  Tempat nya  bersembunyi di dalam floppy disk. Sehingga saat sistem berjalan dia dapat  berpindah kemama-mana untuk melakukan aksi infeksinya. Misal nya Polyboot.B, Anti EXE. Cara paling ampuh dalam mengatasi virus jenis ini  yaitu dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect.

12.  Overwrite viruses : Overwrite viruses merupakan virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi dengan tidak mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita sadar dan tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. Misal nya Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D. Satu-satunya cara untuk mengatasi virus jenis ini yaitu dengan menghapus file yang terinfeksi.

13.  Direct action viruses : Direct action viruses merupakan  virus komputer yang memiliki kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yang berada di direktori hardisk. Jenis virus ini akan beraksi saat sistem operasi dijalankan. Jenis virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti hardisk eksternal dan flashdisk. Misal nya Vienna. Cara mengatasi virus jenis ini yaitu dengan menginstall scan antivirus.



2.5            Cara penyebaran virus pada komputer
1.      Flashdisk, Disket. Harddisk External, Media Storage R/W
Media penyimpanan eksternal layak nya flashdisk, harddisk eksternal, cd, disket, serta card reader bisa menjadi sasaran yang mudah bagi virus untuk dijadikan media. Baik itu sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebaran nya. Media yang sering atau sangat mungkin untuk di tumpangi virus serta dijadikan sebagai media penyebarannya adalah media yang mengerjakan operasi R/W (Read dan Write). Media penyimpanan seperti ini banyak di pakai oleh para pengguna komputer misal nya saja seperti flashdisk, karena mudah dibawa kemana - kemana sehingga lebih praktis dalam penyimpanan file, dan ukuran file yang sering disimpan dalam flashdisk ini cendrung lebih kecil, ketika untuk menyimpan file dengan ukuran lebih besar dapat menggunakan media penyimpanan misal nya harddisk eksternal. Dari sinilah virus mempunyai langkah untuk penyebarannya karena banyak pengguna komputer yang memakai media penyimpanan tersebut.


2.      Jaringan
Jaringan banyak sekali digunakan, terutama pada suatu instansi karena akan mempermudah dalam proses berkerja, sehingga jadi lebih cepat, praktis serta efesien. Hubungan antara dua atau beberapa komputer secara langsung akan sangat memungkinkan suatu virus untuk dapat ikut berpindah ketika terjadi pertukaran file atau data yang mengandung virus, dan disitulah virus mulai mengacak-acak  komputer lain yang menerima file maupun data yang mengandung virus serta virus juga bisa menggandakan diri ketika terjadinya penyebaran.

3.      Internet
Pada saat ini internet seperti menjadi suatu kebutuhan khusus untuk penggunanya, karena dikenal lebih mudah dan murah dalam menggunakan nya. Saat ini memang  begitu banyak proses penyebaran virus melaluimedia - media tertentu seperti internet. Sangat mungkin jika suatu situs dengan sengaja menanamkan atau memberi virus, sehingga bagi komputer - komputer yang mengaksesnya akan terinfeksi dari virus tersebut. Di internet memang begitu  banyak yang mengandung suatu virus yang bisa  membuat suatu perangkat komputer menjadi terancam, baik dari segi komponen, file atau data, serta masih banyak ancaman lainnya

4.      Software
Sangat banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan atau diberi pada suatu program yang di sebar luaskan baik secara gratis maupun trial version. Kadang memang sangat banyak situs - situs yang mempromosikan diri untuk mengambil atau mendownload suatu program padahal program yang di promosikan itu belum bisa terjamin kebenarannya atau bebas dari virus. Mungkin saja setelah mendownload ataupun  menginstall program tersebut, komputer malah bisa sangat terancam dari virus.

5.      Attachment Pada Email, Transfering File
Hampir semua jenis penyebaran virus akhir - akhir ini memakai email attachment, karena semua pemakai jasa internet pasti menggunakan email untuk berkomunikasi, dan file - file ini sengaja di buat semenarik mungkin supaya mendapat perhatian bagi pengguna e-mail, bahkan sering kali mempunyai ekstensi ganda di penanaman filenya. Serta  tidak sedikit pengguna atau pemakai email attachment contohnya perusahaan - perusahaan, sekolah, dan yang lain sebagainya.


2.6            Ciri-ciri komputer yang di serang virus
1.   Memory pada drive tiba-tiba menyusut
Menyusut nya memory secara mendadak, meskipun anda tidak mencopy atau menginstall aplikasi baru. Hal ini bisa disebabkan karena virus tersebut sudah menginstall dirinya sendiri sehingga dapat memakan banyak RAM pada komputer milik anda. Hal ini yang akan menyebabkan memory pada disk drive anda akan mengecil serta berkurang dengan sangat banyak.

2.   File banyak mengalami kerusakan / corrupt
File corrupt merupakan beberapa gejala yang menjadi ciri – ciri dari terinfeksinya satu atau lebih virus di dalam komputer milik anda. Biasanya virus bisa dengan sengaja menghilangkan bahkan mereplace file default anda, sehingga hal ini akan menyebabkan file anda mengalami corrupt atau mengalami missing files. Umumnya ketika file sudah hilang, maka yang dapat dilakukan yaitu melakukan restore total, agar file tersebut bisa kembali, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus, dan bukan merupakan kerusakan dari hardware.

3.   Harddisk mengalami corrupt
Harddisk anda juga bisa saja mengalami corrupt serta menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin dapat terjadi yaitu format dari harddisk yang berubah, ataupun harrdisk atau portable storage, misal nya flash drive menjadi terkunci dan tidak dapat digunakan.

4.   File – file hilang atau ter-hidden
Adalah salah satu ciri yang mungkin sudah begitu banyak dan  juga sering di alami. Virus dapat membuat file – file yang berada di dalam harddisk anda menjadi hilang atau tersembunyi. Ketika dilakukan scan, file dan folder akan terdeteksi, akan tetapi tidak dapat di akses. Untuk dapat mengakses file tersebut agar kembali anda harus menggunakan command prompt untuk menghilangkan atribut Hidden serta Archive yang dengan cara sengaja dilakukan oleh virus komputer tesebut.

5.   Kinerja komputer menjadi melambat
Ciri – ciri lainnya dari virus yang sudah mulai menerpa ke komputer anda yaitu turunnya kinerja komputer secara drastis. Hal ini di karena kan virus memakan banyak sekali memory serta RAM pada komputer anda, sehingga sisa space yang ada pada RAM maupun harddisk menjadi semakin sedikit. Hal ini sangat berpengarh terhadap melambatnya kinerja komputer milik anda. Selain itu pula , virus ini juga bisa saja menyebabkan CPU menajadi panas, karena bekerja secara berlebihan serta tidak terkontrol.

6.   Komputer mengalami self restart atau mati secara mendadak
Self restart dan mati secara mendadak . Umumnya, hal ini sering terjadi ketika virus sudah mulai banyak menginfeksi komputer anda. Komputer anda akan sering mengalami self restarting, ataupun tiba – tiba mati mendadak .

7.   Ada program yang mungkin tidak bisa berjalan seperti biasa
Kadang, virus yang menjangkit komputer anda juga dapat menyebabkan sebagian aplikasi yang anda miliki tidak bisa berjalan dengan sempurna serta mengalami corrupt. Hal ini berhubungan erat dengan adanya missing file pada direktori software tersebut, sehingga hal ini bisa menyebabkan suatu software tidak dapat berjalan seperti biasa, dan mengalami corrupt.

8.   Antivirus mendadak off
Biasanya, virus juga mempunyai kemampuan yang pintar, karena dapat melakukan non-aktifasi antivirus. Dengan adanya kemampuan ini, virus dapat membuat antivirus yang sudah terinstall pada komputer anda menjadi mati secara tiba – tiba. Yang lebih parah lagi yaitu, anda pun kemungkinan bisa saja tidak dapat menyalakan dan mengkatifkan kembali proteksi dari antivirus anda.

9.   Muncul pesan atau notifikasi aneh seperti bahasa alien
Hal ini sering terjadi pada website atau email, ketika virus yang masuk ke dalam jaringan berhasil menjangkiti komputer milik anda, dan kemudian akan secara otomatis menampilkan pesan – pesan tertentu yang asing bagi anda, seperti tulisan dengan bahasa alien yang sangat mengganggu, karena dapat muncul secara tiba – tiba ketika sedang menggunakan komputer kita.

10.  Kemunculan file aneh di dalam komputer anda
Ciri – ciri lainnya yang paling umum terjadi apabila komputer anda terjangkit virus adalah kemunculan file – file aneh di dalam komputer anda. Umumnya, file – file tersebut akan muncul tanpa di sadari, dan dapat berupa file berextensi EXE CONF dan masih banyak lagi.


2.7            Cara mengatasi komputer yang terkena virus
1.      Update AV & Lakukan Scan penuh
Jika komputer Anda terhubung dengan jaringan internet, maka Anda hanya tinggal mengupdate program AV Anda secara otomatis. Namun jika Anda tidak memiliki koneksi internet, maka anda harus mendownload ‘database definition’ secara manual  dari situs Anti Virusnya serta memperbaharuinya secara manual. Agar program AV anda dapat mengenali varian Virus –virus  terbaru. kemudian apabila proses update telah berhasil matikan koneksi internet Anda (jika terhubung) dan lakukan scan penuh terhadap komputer Anda. Jika Anda belum sempat memasang program Anti Virus ataupun belum menemukan Anti Virus yang cocok, maka anda dapat menggunakan program keamanan bawaan windows, yaitu ‘windows defender’.





2.      Scan VIA ‘safe mode’
Jika komputer Anda tidak dapat membuka program Anti Virus karena telah diblokir oleh Virus. Maka yang perlu Anda coba lakukan yaitu masuk ke dalam ‘safe mode’. Caranya dengan merestart komputer Anda kemudian menekan tombol F8 ketika booting sehingga muncul pilihan ‘safe mode’. Selanjutnya adalah membuka program AV-nya dan berharap AV-nya dapat di buka serta  virusnya tidak aktif di ‘safe mode’, lalu lakukan scan penuh terhadap komputer Anda.

3.      Gunakan program AV portable
Jjika langkah di atas tidak berhasil dan Virus masih tetap aktif pada ‘safe mode’, mungkin saja anda perlu menggunakan program AV yang sifatnya ‘portable’ , dimana program tersebut tidak perlu di install ke komputer Anda, dan Anda hanya perlu menjalankanya kemudian melakukan scan terhadap komputer.

4.       Hapus Virus lewat LIVE CD
Namun jika Virus tersebut telah memblokir program .exe, sehingga Anda tidak dapat membuka program AV portable Anda. Maka Anda dapat mencoba menghapus manual file induk virus tersebut menggunakan LIVE CD dari varian OS  Linux. Anda perlu teliti terlebih dulu dan yang perlu diperhatikan yaitu file yang Anda hapus, hati-hati jangan sampai Anda malah menghapus file system windows Anda buka file virusnya, sehingga merusak sistem yang ada. Dan juga menggunakan LIVE CD membutuhkan sedikit keahlian, menggunakan OS selain Windows. Serta yang terakhir bila masalah tak kunjung usai, mungkin ini saatnya anda berpindah ke sistem operasi yang lebih aman dari serangan Malware & Virus. Seperti MAC OS, LINUX & UNIX.
2.8            Dampak virus komputer
Dampak negatif virus komputer :
Memperbanyak diri sendiri yang membuat sumber daya pada komputer ( seperti penggunaan memori ) menjadi berkurang secara significant hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi window . sisanya menyerang linux/GNU , mac free BSD , os/2 IBM dan sun operating sistem dan virus yang ganas akan merusak perangkat keras komputer , selain itu dapat juga membuat kineja komputer menajadi lamban / lemod . dan bisa menghapus data2 kita .

Dampak positif :
Dari sekian banyak dampak negatif virus komputer , virus komputer juga memiliki dampak postif diantaranya:
– Bisa mengembangkan bakat si programer
– Bisa digunakan untik membasmi visrus lain
– Membantu menyempurnakan suatu program
– Membuka lapangan kerja







BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
Virus Komputer merupakan program atau aplikasi yang bisa menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program serta data lainnya . Umumnya  pengguna  tidak tau jika komputer  milikinya terjangkit  virus hingga salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer milik nya tidak bisa di jalankan.
Perkembangan Virus Komputer tidakakan pernah berhenti berkembang selama teknologi, informasi, dan komunikasi terus berkembang. Virus komputer memilikik efek negative yang ditimbulkan dari perkembangan nya. Virus komputer dapat membuat program komputer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya bahkan dalam beberapa kasus dapat mematikan program tersebut. Untuk mengatasi hal itu semua maka munculah cara untuk mengatasi berbagai macam jenis virus sehingga kita sebagai pengguna dapat menanggulanginya.
Dalam perkembangan virus komputer ini dapat tersebar dari berbagai macam media seperti flashdisk. Selain itu juga virus komputer memiliki efek positif meskipun sebenar nya efek negatif dari virus komputer lebih mendominasi.

3.2       Saran
Begitu banyaknya virus komputer yang beredar saat ini, maka kami memberikan saran agar kita sebagai pengguna bisa memahami ciri-ciri komputer yang terjangkit virus sehingga kita dapat mengatasi masalah yang membuat komputer kita terserang berbagai macam jenis virus.











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Virus Komputer"