makalah hacker

.
.

                                        BAB 1
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Hampir seluruh ataupun sebagian masyarakat  Indonesia mengenal yang namanya pelajaran mengenai computer atau ssitem keamanan pada komputer,khususnya pada makalah ini yang membahas  mengenai lahirnya seorang hacker dunia.
Maka dari itu penulis pada makalah ini ingin menjelaskan masing-masing dari dari perencanaan penulisan mengenai definisi hacker dunia,sejarah hacker didunia,tingkatan pada hacker dunia, kemampuan dasar yang dimiliki hacker dunia dan yang terakhir kode etik dari seorang hacker dunia. Karena ini sebagai bekal bagi anak-anak muda dan juga sebagai sumber ilmu serta pengetahuan bagin semua orang dan semua kalangan siapapun itu.
          Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka individu tersebut akan dapat berkembang dengan baik. Ketika kita membicarakan tentang kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada perkuliahan. Terlintas pandangan kita, bagaimana kegiatan pembelajaran di perkuliahan tersebut denngan efektif ?
          Salah satu elemen terpenting dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya      sebuah perencanaan pembelajaran yang baik. Selama ini ketika kita melihat pada kenyataan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di perkuliahan, maka mungkin  yang akan memenuhi benak kita adalah tentang bagaimana kekurang matangan perencanaan kegitan pembelajaran diperkuliahann yang akhirnya mengakibatkan sebuah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tidak efektif. Dan akhirnya para peserta didik kurang dapat maksimal dalam mengalami proses kegiatan pembelajaran ditempat tersebut.
 Apakah sebenarnya definisi hacker dunia itu?
 Bagaimana sejarah hacker dunia itu?
  Dan tingkatan apa saja yang ada pada hacker dunia tersebut?
Bagaimanakah kemampuan dasar hacker dunia tersebut ?
 Seperti apakah aturan main seorang hacker dunia?
  Terakhir, apakah seorang hacker mempunyai kode etik tersendiri?
           
C.Tujuan Penulisan
            Adapun penulisan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.     Untuk menambah ilmu dan pengetahuan bagi para pembaca seputar dari  penjelasan dari seorang hacker dunia dan cara kerja hacker pada umunya.
2.     Untuk bekal bagi para anak-anak remaja khususnya yang masih kuliah dalam pembelajaran mata kuliah system keamanan computer.
3.     Untuk membangkitkan motivasi banyak orang dalam belajar tentang dari  system kemanan komputer dan Menambah minat banyak warga untuk mempelajari tentang komputer.
4.     Meningkatkan kemampuan individu dalam menyusun perencanaan pembelajran pada pelajaran sitem kemanan computer dan mengetahui bagaimana mengamankan computer dengan baik.
5.     Meningkatkan pengetahuan setiap orang mengenai hacker yang sering kalangan orang menyebutnya sebagai perusak.
6.     Serta memperkaya minat setiap individu untuk mempelajari system kemanan komputer.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Hacker dan Cracker Dunia
            Hacker secara umum dalam bahasa Indonesianya biasa disebut  orang yang mempelajari ataupun menganalisa dan selanjutnya bila menginginkan sesuatu, bisa membuat sekalogus memodifikasi atau bahkan mengekspolitasi system yang terdapat disebuah perangkat lunak pada computer dan perangkat keras computer seperti program pada computer, administrasi dan hal-hal lainnya terutama pada keamanan computer.
          Hacker sejati bukanlah sebuah kelompok criminal perusak jaringan seperti anggapan orang kebanyakan, namun harus diakui itu semua bahwa dari waktu kewaktu terdapat cukup banyak hacker yang menyalah gunakan kemampuannya dan pengetahuan mereka untuk hal-hal yang bersifat destruktif dan negative, melakukan berbagai kejahatan ataupun berbuat usil dengan cara mengacaukan dan merusak file milik orang lain.
          Hacking adalah suatu kegiatan menerobos program computer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang gemar atau suka ngoprek computer, memiliki keahlian membuat dan dapat membaca program tertentu dan terobsesi mengamati keamanan atau securitynya. Hacker memiliki wajah yang ganda, misalnya ada yang budiman ada juga yang pencoleng
         
Cracker adalah sebutan untuk para mereka yang dapat masuk kesistem orang lain dan caracker lebih bersifat destruktif, biasanya pada jaringan computer, membypass password atau lisesnsi program pada computer, secara sengaja melawan keamanan computer, mendeface (merubah halaman muka pada web ) milik orang lain bahkan hingga mendelete data orang lain, mencuri data pada umumnya melakukan cracking untuk keuntungan diri sendiri, maksud jahat itu atau karena sebab lainnya karena adanya tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan system.
          Antihackerlink adalah sebuah kelompok back hat hacker (cracker) Indonesia yang identik dengan adanya vandalisme.
Pendiri antihackerlink (HC) pernah juga menjadi anggota yang disebut kecoak elektronik yang kemudian dikeluarkan atau dicabut status keanggotaanya atas perbuatan-perbuatannya yang dapat merugikan kecoak elektronik dan pengguna internet di Indonesia.
Anggota antihackerlinl kebanyakan adalah anak remaja usia belasan tahun yang sangat ingin menjadi hacker (hacker wanna be), dalam aksi mereka sering saja menimbulkan kerusakan pada system computer yang berhasil mereka susupi dan dapat meninggalkan jejak mereka sehingga berhasil ditelusuri oleh pihak berwajib atau bisa polisi.              
      

Hacker memiliki konotasi yang negative karena kesalahpahaman banyak orang akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Kebanyakan orang memahami bahwa hackerlah yang mengakibatkan kerugian pafa pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), lalu menyisipkan kode-kode virus dan sebagainya. Padahal,mereka adalah cracker. Crakerlah yang menggunakan celah-celah kemanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak untuk menyusup dan merusak suatu system. Biasanya atas alasan ini para hacker dipahami dibagi menjadi 2 golongan seperti : White Hat Hackers yakni Hacker yang sebenarnya dan craker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.
White hat hacker adalah istilah dalam teknologi  informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis dapat menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah system komputer. White hat komputer secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada  bagaimana dalam melindungi sebuah system, dimana itu beretentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos system tersebut.
Black hat hacker adalah sebuah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan pada system computer tanpa izin terlebih dahulu, umumnya dengan maksud untuk mengakses computer-komputer yang terkoneksi kejaringan tersebut. Istilah crackerpun diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu pada peretas dalam arti ini

2.2 Sejarah Hacker

            Terminology hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantaranya para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium kecerdasan Artifisial Massachusets Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa ini merupakan salah satu perintis pada perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainfranme. Arti kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut  seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program pada komputer yang lebihbaik ketimbang yang telah dirancang secara bersama.
          Kemudian pada tahun 1983, istilah hacker itu berubah menjadi negative. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS.414 itu merupakan kode area local mereka. Kelompok yang pada saat itu disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan sekitar 60 buah komputer, dari komputer milik pusat kanker Memorial,Sloan-Kettering hingga computer milik laboratorium Nasional Los Alamos. Yaitu satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya akan mendapatkan hukuman masa percobaan. 
   
Kemudian itu pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lainyang menyebut-nyebut diri hacker, padahal kenyataan bukan. Mereka ini (terutama para lelaki dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol computer dan juga mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini ‘cracker’ dan tidak suka bergaul dengan mereka.hacker sejati akan memandang cracker sebagai orang yang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak pula terlalu cerdas. Hacker sejarti pun tidak setuju jika dikatan bahwa dengan cara menerobos keamanan seseorang telah dianggap menjadi hacker.
          Para hacker pun mengadakan pertemuan setiap setahun sekalinya yaitu diadakan setiap pertengahan bulan juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker ini terbesar di dunia tersebut dengan dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebihnya kepada ajang pertukaran informasi dan teknilogi yang berkaitan dengan aktivitas hacking.



          Di Indonesia itu sendiri, hacker sudah ada sejak sekitar abad 20an saat tanah air menjadi ladang subur dalam perkembangan internet. Beberapa kelompok pada hacker di Indonesia pada saat itu cukup banyak, di anataranya yaitu hackerlink, anti-hackerlink, kecoa elektronik, dan echo.
          Hacker di Indonesia mencapai tingkat keemasan pada kisaran tahun 2000, yaitu AntiHackerlink. Pihaknya juga mampu membobol puluhan situs internet kala itu baik dari dalam maupun luar negeri. Uniknya pula, pendiri dari AntiHackerlink ini adalah seorang anak yang belum genap berumur 17 tahun yang bernama Wenas Agustiyawan yang biasa dikenal dengan nama HC (Hantu crew).
          Namun pada akhirnya dia pun tertangkap basah saat melakukan aksi pembobolan pada sebuah situs di Singapura dan di dalam apartemennya. Dengan penangkapan itu pula, HC membuat rekor sebagai hacker Indonesia pertama yang akan diproses secara hokum.
Sebenarnya HC tidak lolos dari jeratan hokum yang ada di Singapura. Akan tetapi karena dia masih dibawah umur, sehingga dia hanya didenda sebsar Rp 150 ribu saja. Apabila pada pengadilan Singapura menunggu proses pengadilan selama seminggu saja, HC bisa dipenjarakan, sebab setelah seminggu HC yang berasal dari Malang, Jawa timur tersebut sudah genap berumur 17 tahun. Namun pihak pengadilan pun tidak ingin menunda proses pengadilan terhadap HC.
Dari kasus-kasus,tersebut kini hacker di Indonesia pun telah tumbuh dengan pesat dan sudah ada berjumlah jutaan ditiap daerah seluruh Indonesia.

2.3 hierarki ( tingkatan pada hacker)

Ternyata hacker juga bisa mempunyai tingakatan-tingkatan, tiap tingkatan tersebut dapat dibedakan dengan kemampuan dan ilmu yang dimiliki seorang hacker :

   A.   Elite
Ciri-ciri : dapat mengerti system operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan-jaringan secara global. Serta melakukan pemrograman setiap harinya, efisien & terampil, dapat menggunakan pengetahuannya dengan tepat, serta tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yangada. Tingkat elit ini pun sering juga disebut sebagai ‘SUHU’.

   B.   Semi Elite
Ciri-ciri : umirnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka dapat membaca tentang metode hacking itu sendiri & caranya diberbagai kesempatan, mencoba berbagai system sampai akhirnya mereka berhasil & dapat memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umunya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajarbasic dari UNIX tanpa mampu mereka menemukan lubang kelemahan baru di system operasi.
  
  C.   Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka juga hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, juga tidak lepas dari GUI, hacking dilakukanm menggunakan Trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian bagi si pengguan internet.

   D.   Lammer
Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalam serta pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer itu sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, dalam pengguanaan computer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar-menukar software prirate, serta mencuri kartu kredit, dalam melakukan hacking dengan menggunakan software Trojan, nuke & Dos, terkadang suka menyombongkan diri melalui IRC Channel, dan sebagainya. Maka dari itu karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sam[ai level developed kiddie atau script kiddie saja.


2.4  Jenis Kegiatan Hacking
           1)    Sosial hacking, yang perlu diketahuit kalian sekitar : yaitu informasi tentang system apakah yang dipergunakan oleh server tersebut, siapa pemilik server, siapa admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis seperti apa lalu bagaimana server itu tersambung internet,dapat mempergunakan     koneksi siapa lalu informasi apa saja yang deisediakan oleh server tersebut, apaka server tersebut juga dapat tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.
 2)    Technical hacking, ialah merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam sebuah system, baik itu dengan  alat bantu (tool) atau bisa juga dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dapat dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang kemanan) yang terdapat dalam system ataupun service. Inti dari kegiatan tersebut adalah mendapatkan akses penuh kedlam system dengan cara apapun dan bagaiman pun

2.5 Kemampuan Dasar seorang Hacking

    1)    Pelajari bahasa pemrograman
   Jika hanya menguasai hanya satu bahasa pemrograman saja tidak akan mencapai tingkat kemampuan hacker atau bahakan seorang programmer, hacker pun perlu belajar cara pemrograman secara umum, tidak bergantung pada satu bahasa mana pun juga. Danda perlu mencapai tahap dimana dapat mempelajari bahasa baru dalam beberapa hari atau kurun waktu yang lumayan lam, dengan menghubungkan apa yang ada di manual dengan apa yang telah anda ketahui. Dan juga perlu mempelajari beberapa bahasa yang jauh berbeda dengan satu dengan yang lainnya pula. Bahsa-bahasa terpenting dalam hacking adalah Pyton C, Perl, dan Lisp tapi paling baik sebenarnya mempelajari semuanya karena masing-masing mewakili cara pendekatan pemrograman yang berbeda dan tiap bahasa akan member pelajaran-pelajaran berharga.
   2)    Kuasai Sistem Operasi
    Tentu saja seorang hacker harus menguasai sisstem operasi contohny WINDOWS, LINUX DLL. Karenanya inti dari computer tersebut adala system operasi.
   3)    Pelajari Jaringan Komputer
Maksudnya adalah lebih dari sekedar menggunak browser, tetapi menggunakan browser, tetapi dapat mempelajari cara menulis HTML, bahasa markup WEB.
   4)    Pelajari Jaringan Komputer
Jaringan computer yang menghubungkan kita dengan orang lain diinternet, sehingga kita perlu mempelajari jaringan pada computer. Semakin banyak pula hal-hal yang sudah anda kerjakan, semakin besar pula kemungkinan anda adalah calon hacker berbakat, karena ilmu tentang computer anda pula akan semakin terasah.

2.6 Aturan Main Hacker
          Hacker juga punya aturan main yang mungkin harus diikuti kalau jika memang mau disebut sebagai hacker.
Gambaran umum aturan main pada hacker yang perlu di ikuti seorang hacker yaitu :
1.     Memberitahukan  pada system administrartor akan adanya pelanggaran  pada kemanan/ lubang yang anda lihat.
2.     Jangan mengambil jika keuntungan yang tidak fair daeri hack.
3.     Tidak mendistribusikan dan juga mengumpulkan software bajakan.
4.     Tidak akan pernah mengambil resiko yang bodoh serta selalu mengetahui kemampuannya sendiri.
5.     Selalu bersedia untuk bisa secara terbuka
6.     /bebas/gratis memberitahukan dan juga mengajarakan berbagai informasi dan metode yang diperoleh.
7.     Tidak pernah juga memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
8.     Tidak akan pernah sengaja menghapus dan merusak file dikomputer yang dihack.
9.     Selalu hormati mesin yang dihack, dan dapat memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
10.            Hacker sejati akan selalu bertindak atas berlandaskan kode etik dan aturan main sedang.

2.7 Kode Etik Hacker

    1)    Mampu mengakses computer secara tak terbatas dan totalitas
   2)    Setidaknya semua informasi haruslah yang bersifat FREE.
   3)    Tidak memakai identitas yang palsu, seperti nama samarang yang konyol unik atau aneh, umur, posisi dll.
   4)    Mampu membuat seni keindahan jika dalam computer.
   5)    Computer bisa juga membuat atau mengubah hidup menjadi lebih baik pula.
   6)    Pekerjaan yang dilakukan semata-mata itu demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan.
   7)    Selalu memegang teguh komitmen tidak membela domiasi ekonomi industry software tertentu.
    8)    Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggran batas pada teknologi computer.
    9)    Baik hacking maupun phreaking dalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar gagap jika dalam computer.
       
         karakter hacker

    1.     Dark side hacker adalah karakter dari para hacker yang akan bersifat merusak. Istilah ini diperoleh dari film star warsnya George lucas. Seorang dark side sama seperti Darth Vader (tokoh dalam fim star wars) yang tertarik dengan kekuatan pada kegelapan. Hal ini tidak ada hubungannya dengan masalah yang “baik” atau “jahat” tapi lebih kepada masalah sah (sesuai hokum yang berlaku) dan juga kekacauan. Seorang Dark side hacker juga punya kemampuan yang sama dengan semua hacker, tapi “sisi gelap” dari pikirannya membuat ia menjadi unsure yang sangat berbahaya untuk semua komunitas.

    2.     Malicious hacker ialah karakter dari semua para hacker yang bersifat merusak. Hacker yang memiliki sifat jahat dan menyerang system dengan maksud yang jahat pula. Istilah untuk menyebut seseorang yang merusak system orang lain untuk sekedar iseng (tidak merasa bersalah) tanpa memperoleh apapun dari tindakannya tersebut.

2.8 Keuntungan dan Kerugian menjadi hacker
          Dalam komunitas sosial secara luasnya adalah suatu Negara maupun masyarakat pada umumnya, pengaruh hacker dapat merugikan dan juga menguntungkan. Yang mana akan dijabarkan sebagai berikut :
      Keuntungan

Keuntungan hacker dalam komunitas sosial yaitu adalah keberadaan hacker ini dapat menjadi feedback/ umpan balik yang baik akan kelemahan dari suatu system itu sendiri.
Meskipun memang terkadang keberadaan hacker dimasyarakat pada umumnya seringkali dianggap dapat membawa pengaruh yang buruk. Tetapi juga apabila hacker tersebut memberikan feedback bagi mereka maka akan membuat pandangan mereka berubah dan dapat mengganggap hacker tersebut memberikan suatu jaminan akan kemanan pada suatu system tertentu.
Dimata internasional, hacker dapat diibaratkan sebagai suatu “mata-mata” yang pula dapat menyusup masuk kedalam suatu system
Sehingga keberadaan disuatu Negara yang memiliki hacker yang baik akan dianggapkan sebagai Negara yang maju teknologinya.
Misalnya Negara di Eropa Timur seperti Ukraina yang pada saat ini banyak diajukan sebagai referensi untuk pertukaran pemuda antar Negara yang betujuan langsung untuk perkembangan IPTEK. Ukraina pun terkenal sebagai salah satu Negara yang memiliki banyaknya hacker.


     Kerugian 

Kerugian hacker didalam suatu komunitas sosial adalah apabila hacker tersebut merupakan hacker yang tidak baik (cracker) yang juga dapat menyebarkan fitnah secara luas dan dapat memecah belah suatu masyarakat.
Misalnya pada suatu kejadian antara Indonesia dengan Malaysia yang cukup menimbulkan persitegangan antara kedua belah pihaknya karena ulah hacker yang tidak bertanggung jawb tersebut.
Selain itu, nama Negara yang bersangkutan tersebut juga akan menjadi buruk didunia Internasional yang dapat pula menyebabkan koneksi kenegara tersebut dan dapat dibatasi seperti adanya blocking IP, ataupun adanya peringatan akses illegal dari kode IP suatu Negara yang masuk blacklist (daftar hitam)

    Sisi positif pada hacker

Yaitu dapat menyempurnakan sebuah system . sedangkan seorang cracker lebih bersifat destruktif. Umunya cracker melakukan cracking untuk dapat menggunakan sumberdaya pada sebuah system hanya untuk kepentingan sendiri.

     a)     Dalam dunia underground orang telah menjadi hacker biasanya melaui tahapan-tahapan sbb:
1.     Mundane person
2.     Lamer
3.     Wannabe
4.     Larva
5.     Hacker

   b)    Ada pula dua tingkatan hacker berdasarkan kehaliannya,yaitu :
1.     Wizard
2.     Guru

   c)     Karakter hacker itu sendiripun terbagi dua,yaitu:
1.     Dark side hacker
2.     Malicious hacker



2.9 kasus Hacker dan Cracker

Banyaknya dari kasus-kasus hacker dan cracker yang pernah terjadi ini diberbagai bahkan di Indonesia sendiri banyak ditemukan pula kasus-kasus tersebut, beberapa kasus-kasus hacker dan cracker yang ada diantaranya adalah :

    1)     Kasus pembobolan di internet banking milik bank BCA pada tahun sekitar 2001.
2)    Kasus penggelapan uanag yang ada di Bank pada tahun sekitar 1982.
3)    carding yang pernah terjadi di Bandung pada tahun 2003.
4)    Kasus pembobolan situs KPU pada saat tanggal 17 April 2004.
5)    Kasus perjudian online disekitar Semarang pada bulan Desember 2006.
6)    Kasus penyebaran virus Trojan melalui aku twitter pada sekitar bulan Juli tahun 2009.
7)    Kasus penipuan pencuncian uang pada tahun 2010.
8)    Kasus criminal Division of the U.S yang terjadi di Amerika Serikat.
9)    Terakhir, kasus The Nation Information Infrastucture Protection Act pada 1996.



      Jenis-jenis kejahatan via internet

HACKING
Definisi dari “hacking” itu sendiri adalah suatu aktifitas dari seorang hacker yaitu orang yang tertarik serta dapat mendalami system operasi computer sehingga mengetahui kelemahan yang ada pada suatu system tersebut tetapi tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk hal kejahatan. Bebrbeda pula dengan Cracker dimana mereka pula memasuki system orang lain dengan tujuan yang kurang baik.

CARDING
Adalah berbelanja dapat menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain,yang dapat diperoleh secara illegal, biasanya dengan mencuri data pada internet. Sebutan untuk pelakunya adalah “carder”,sebutan lain  untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan didunia maya.

CRACKING
Adalah Hacking untuk sebuah tujuan jahat. Sebutan untuk “cracker” adalah “hacker” bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda pula dengan “carder” yang hanya dapat mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensistif lainnya hanya untuk keuntungan diri sendiri. Meski sama-sama menerobos kemanan computer orang lain “hacker” biasanya lebih focus pada prosesnya. Sedangkan “cracker” lebih focus pula untuk menikmati hasilnya.
  
DEFACING
Adalah kegiatan yang mengubah halaman situs/website pada pihak lain, sperti yang terjadi pada situs menkominfo dan juga partai Golkar, BI baru-baru ini dan juga situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ini ada yang semata-mata hanya karena iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada yang juga jata, untuk dapat mencuri data dan dijual kepada pihak lain juga.

PHISING
Adalah suatu kegiatan yang memancing pemakai computer di internet/user, agar mau memberikan informasi data diri pemakai/username dan pula kata sandinya/password pada suatu website yang sudah di-deface. Phising juga biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital telah dikirim itu akhirnya akan akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.


SPAMMING
Adalah suatu pengiriman berita ataupun iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki lagi. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias itu “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail akan dapat hadiah,lotere atau orang yang mengaku punya rekening di bank disekitar Afrika atau Timur tengah, minta untuk bantuan “haters” untuk dapat mencairkan, dengan janji bagi hasil. Kemudian korban akan diminta nomor rekeningnya, dan akan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dollar AS. Belakangan ini tak ada kabarnya lagi. Seorang rector universitas swasta di Indonesia pernah juga diberitakan tertipu hingga Rp 1 miliar dalam karenanya spamming seperti ini.

MALWARE
Adalah sebuah program computer yang mencari kelemahan dari sebuah software. Umunya malware diciptakan untuk mebobol ataupun merusak suatu software atau operating system. Malware juga terdiri dari berbagai macam, misalnya : virus,worm,Trojan horse, adware, dan juga browser hijacker dsb. Di pasaran alat-alat computer dan juga took perangkat lunak (software) memang telah tersedia pula antispam dan juga anti virus dan anti malmaware. Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan juga malware umunya terus kreatif dan juga produktif dalam membuat sebuah program untuk mengerjai korban-korbannya.

3.1 Kesimpulan

            Tidak semua hacker itu melakukan kegiatan yang negative, sebenarnya yang melakukan kegiatan negative terhadap system computer itu adalah cracker, mungkin orang yang tidak terlalu mengenal kehidupan computer aka nasal mengucap jika ada pembobolan ataupun kerusakan terhadap system computer adalah itu semua ulah hacker,padahal hacker itu sendiri bergerak dibidang yang positif dan umumnya mereka  berada dijalur putih/bersih, itulah yang dinamakan hacker sejati.














3.2 Saran                              
          Jika memang anda ingin menjadi hacker dalam artian ingin melindungi data pribadi  kita di dalam system computer akan terhubung dengan internetbdari serangan-serangan cracker yang tidak bertanggung jawab pula.
          Berikut ada sedikit tips agar anada nantinya terhindar dari dari tangan yang jahil didalam internet.
  
   1)      Gunakan internet browser yang lebih baik lagi.  Contoh browser yang baik adalah Mozilla firefoix, google crome, opera dll.
   2)      Gunakanlah favourite atau bookmarks, trik ini untuk menghindari anda dari webset yang palsu yang ingin mencuri user name dan password anda, biasanya jika website terlihat akan aneh  dari biasanya maka anda harus berhati-hati.
   3)      Segeralah ganti password akun anda sesering mungkin. Trik ini bisa mengelabuhi dari tangan-tanganm jahil yang tidak mau bertanggung jawab.
   4)      Buatlah password yang sukar ditebak. Buiatlah password yang sukar ditebak seperti menambahi karakter /?=-;’ hal ini dapat juga mengecoh para cracker yang ingin mengetahui password kita.
    5)      Gunakan anti virus.
Gunakanlah anti virus professional  seperti Norton antivirus, McAfee antivirus, Kaspersky,Fscerue dan antivirus buatan vendor yang sudah berlinsensi. Karena penggunaan antivirus itu sendiri untuk menghindari dari virus-virus yang masuk sewaktu kita surfing diinternet dan dapat mengirim dan menerima pula data dari perangkat lain.



Daftar Pustaka

http:bebas.vlsm.org/v06/kuliah/seminar-MIS/2008/254/264-12-makalah_Ringkasan.pdf
htpp://dewaarka.wordpress.com/2009/20/hacker-vs-cracker
http://www.oeng.com/caraaman.htm
http://www.reformata.com/01443-tiga-ancaman-terbesar-jaringan-kemanan-internet.html
http://teguhramadhan.tripod.com/id5.html
http://t4riee.blogspot.com/2008/07/sistem-kejahatan-dan-kemanan-internet.html


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "makalah hacker"