Pengertian interaksi manusia dan komputer LENGKAP

.
.

Interaksi Manusia Dan Komputer

Pengertian interaksi manusia dan komputer

Dekabopass.blogspot.co.id || Pada tahun 1970 kita mulai mengenal istialah antarmuka pengguna atau user interfice dan juga mengenal istilah man-machine interface(MMI)menjadi sebuah topik perhatian di kalangan peneliti dan perancang sistem. suatu perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka suatu pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan untuk pemasaran produknya. human computer interation  mulai dikenal di pertengahan antara tahun 1980-an untuk bidang studi yang baru, HCI merupakan istilah bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas yang tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik. 
interaksi merupakan komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain. interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu desain implementasi serta evaluasi untuk dapat dipergunakan oleh manusia, interaksi antara satu maupun lebih manusia dan satu maupun lebih komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sejarah interaksi manusia dan komputer

pada sejarah interaksi manusia dan komputer kita diharapkan akan lebih mengetahui orang yang terlibat dan orang yang terpenting dalam peristiwa pada interaksi manusia dan komputer ,perubahan paradigma kita tahu darimana datangnya akan menolong kita akan pergi kemana dan dapat menghargai suatu sejarah yang terjadi. interaksi manusia dan komputer  merupakan hubungan manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai tujuan bersama dengan menjalankan sebuah sistem yang berhubungan dengan sebuah antaramuka atau interface pada sejarah interaksi manusia dan komputer ini akan mengalami sebuah perubahan evalusi. komputer pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 50-an komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar dipakai di kalangan tertentu seperti para ilmuwan teknik.

Sejarah Perkembangan Antarmuka Sebagai Berikut
tahun 50-an :antarmuka pada level hardware untuk teknik
tahun 60-70an :antarmuka pada level pemrograman
tahun 70-90an :antarmuka pada level instruksi
tahun 80-an :antarmuka pada level dialog interaksi
tahun 90-an :antarmuka pada level lingkungan kerja
tahun 100-an :antarmuka pada level berkembang dengan luas

Tujuan interaksi manusia dan komputer

1.Membuat sistem yang lebih baik lagi
2.Peningkatan interaksi antara manusia ke sistem
3.Sistem yang dibuat memiliki manfaat dan mudah dioperasikan

Dialog manusia dan komputer
Dialog merupakan percakapan antara dua kelompok atau lebih.
Ciri-ciri dari dialog ditemukan dalam dialog komputer
Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan.
Berapa bagian dialog secara bersamaan.
Dialog berikutnya tergantung respon dari partisipan.

Media Antara Manusia Dan Komputer

Madia Tekstual merupakan salah satu dari suatu bentuk sederhana dari antarmuka  manusia dan komputer yang berisikan berbentuk teks antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks untuk pengembangan tentang media tekstual
Media GUI merupakan komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk suatu grafis dan sangat atraktif, salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk garafis seperti menggunakan pemograman visual(visual basic, visual foxpro delphi dan sebagainya).

Dukungan Implementasi
alat bantu pemograman menyediakan level pelayanan untuk pemogram
sistem windowing sebagai dukungan inti
pemograman aplikasi dan kontrol dialog
kontak alat bantu interaksi
sistem manajemen antarmuka pengguna

Elemen Sistem Windowing
peralatan independen
pemrograman terminal absrak
device drivers
model citra untuk output dan input

pemakaian sumber daya bersama

pencapaian secara bersama tugas-tugas pengguna
sistem window untuk mendukung suatu proses-proses independen
isolasi aplikasi individual atau perorangan

Baca Juga

 

Komponen Interaksi Manusia Dan Komputer

User merupakan suatu pengguna secara individu atau kelompok yang bekerja sama.
Komputer  untuk mengontrol suatu proses atau sebuah sistem.
Interaksi hubungan secara langsung maupun tidak langsung.

Bidang Ilmu Interaksi Manusia Dan Komputer

ilmu yang mempelajari tentang suatu mendesain yang mempelajari bagaimana kita mendesain, mengevaluasi, serta mengimplementasiakan untuk mempermudah sistem komputer sehingga manusia dengan  mudah suatu pekerjaan.

Prinsip Kerja Komputer Input Proses Output
cara kerja input output khusus yang berupa data masukan dan keluaran komputer menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan serta keinginan manusia.
Strategi untuk Pengembangan 

Pengembangan bagian antarmuka perlu ada yang diperhatikan dalam hal pengembangan sebagai berikut
pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
teknikevaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan.
berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.
suatu pengguna prototipe yang didasarkan pada dialog secara bersama-sama antara pengguna dan perancangan sistem.

Perancangan Antarmuka Pengguna Yang Baik

mengurangi biaya penulisan program
dalam pemrograman antarmuka pengguna grafis penulisan program yang berkaitan dengan suatu antarmuka
peningkatan kegunaan komputer dalam organisasi
perancangan antarmuka yang menarik suatu pengguna akan tertarik untuk menggunakan aplikasi komputer
mempermudah penjualan produk
suatu yang pertama kali tampil tampilannya menarik akan menarik minat seseorang untuk menggunakan aplikasi tersebut

Ada Beberapa Dampak Antarmuka Antara Lain Sebagai Berikut
peningkatan produktivitas
mengurangi biaya pelatihan pegawai
mencegah pengambilan alihan pegawai
kepuasan suatu pengguna
produksi hasil dengan kualitas yang baik

Faktor-Faktor Dalam Interaksi Manusia Dan Komputer

faktor kecerdasan buatan merupakan bagian  dari komputer yang  dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia menggabungkan cara pikir manusia dengan mesin, faktor kecerdasan buatan untuk pembelajaran bertugasa pengambilan keputusan dan memecahkan masalah faktor ini merupakan yang penting dalam pengembangan interaksi manusia dan komputer sehingga akan menghasilkan suatu sistem yang benar-benar menyerupai pola pikir.

faktor rekayasa perangkat lunak merupakan faktor untuk menciptakan suatu program yang efektif dan efisien untuk user friendly sehingga dapat menghasikan yang diingin oleh seorang pengguna struktur data yang memungkin suatu proses atau program untuk menggambarkan  informasi secara proporsionalyang menggunakan menggambarkan operasi dan kegunaan program.

faktor psikologi merupakan faktor untuk pemaham terhadap psikologi atau kepribadian yang akan menggunakan software dalam interaksi manusia dan komputer mengingat pengguna memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda.

faktor perancangan grafis merupakan sebuah gambar memiliki  komputer yang cukup efektif antara manusia dengan komputer, dengan multimedia tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti oleh pengguna.

faktor perhitungan atau matematika pembuatan suatu produk perangkat lunak haruslah efisien perhitungan.

faktor ergonomics merupakan hubungan dengan aspek fisik untuk mrndapatkan lingkungan kerja yang enak dan nyaman, orang yang bekerja didepan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang cukup lama dalam bentuk fisik.

faktor linguistik yang menggunakan komputer seolah olah seperti kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada dihadapan kita untuk berinteraksi atau berdialog tentunya kita membutuhkan sarana untuk berkomunikasi.

faktor sosiologi merupakan faktor ini berhubungan yang dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial pada faktor sosiologi merupakan konteks dari suatu interaksi.

demikianlah artikel tentang pengertian interaksi manusia dan komputer semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian interaksi manusia dan komputer LENGKAP"